Safari Gemarikan, KKP Dongkrak Angka Konsumsi Ikan

KBRN, Lhoksukon : Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendongkrak angka konsumsi ikan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) karena ikan sebagai sumber gizi dan protein.

Hal itu dikatakan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agus Suherman usai melakukan Safari Gemarikan sekaligus melakukan peresmian Gudang Garam Nasional (GGN) di Gampong Matang Tunong Kecamatan Lapang Aceh Utara, Sabtu (25/1/2020).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir anggota Komisi IV DPR-RI Muslim,SH,I,.MM, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf,  Muspida Plus, Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, bersama sejumlah anggota dan Muspika plus serta seribuan masyarakat kecamatan Lapang dan sekitarnya 

Menurut Agus Suherman selain meningkatkan angka konsumsi ikan, Gemarikan bertujuan membangun kesadaran gizi masyarakat melalui konsumsi ikan sebagai sumber gizi.

“Berdasar Survei Sosial Ekonomi Nasional dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka konsumsi  ikan di Aceh Utara tahun 2019 sudah di atas 57 kg/kapita, sedangkan yang ditargetkan sekitar 37 kg / kapita, “kata Agus Agus Seherman, Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya dari posisi  produk ikan, pihaknya tetap akan mendorong sehingga produk perikanan dan kelautan di Aceh Utara seperti ikan dan produk garam bisa laku dipasar internasional, “ini tidak terlepas dari dorongan maupun dukungan dari pemerintah daerah, agar in tercapai.”terangnya. 

Anggota Komisi IV DPR-RI Muslim, sangat mendukung program-program yang berkaitan dengan perikanan dan kelautan di Aceh umumnya dan Aceh Utara pada khususnya, seperti program Safari Gemarikan yang baru pertama dilaksanakan di Aceh Utara di tahun 2020.

“Kita harapkan kedepan semua pihak untuk mendukung semua program pemerintah pusat, dengan harapan pemerintah daerah harus mendukung program sehingga bisa mendongrak perenomina masyarakat,

Sementara wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf,  menyebutkan akan mendukung seluruh program pemerintah pusat demi kesejahteraan masyarakat, termasuk Safari Gemarikan dan produksi garam.

“kita juga telah memberikan proposal sejumlah usulan program kepada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), terkait bidang kelautan dan perikanan,”terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00