Jadi Ikon Aceh Utara, Pisang Sale Kini Kian Meredup

KBRN Aceh Utara: Siapa yang tak kenal dengan makahan Khas "Pisang Sale" yang disukai karena rasa manis dan bia­sa dijadikan olahan camilan lainnya Di Aceh Utara. Sale Pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan, sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu Sale Pisang adalah warna, rasa, aroma, kekenyalan, dan ketahanan simpannya.

Sebagaimana diketahui, Daerah Kabupaten Aceh utara salah satunya dikenal dengan jenis makanan Khas Cemilan Pisang Sale, akan tetapi sangat disayangkan jika Produk pengolahan Pisang Sale yang dikenal menjadi ikon Aceh utara keluar daerah ini harus tertatih karena berbagai alasan dan hambatan.

Salah satunya diakui pelaku usaha Pisang Salee di desa Geudumbak kecamatan Langkahan yang terkendala sulitnya pemasaran. Sabtu,(15/01/2022). Menurutnya sulitnya pemasaran menjadi sebuah hambatan yang sangat berdampak pada pengembangan usaha ditekuninya selama ini.

“Kalo modal memang sangat terbatas, karena ini kan kita menjalankan usaha ini juga sangat tergantung hasil pemasaran, kita harus menunggu kapan habis terjual, sementara untuk produksi selanjutnya kita kehabisan modal untuk mendapatkan bahan baku yang terkadanag kami pesan dari kabupaten Bireun dengan harga yang mahal;”kata Misra pelaku Usaha Piasang sale di kecamatan langkahan.

Selain keterbatasan modal usaha, sulitnya mendapatkan bahan baku juga menjadi alasan yang membuat usaha keluarga ditekuni Misra sejak tahun 2006 lalu bagai mati suri tanpa ada yang bisa dilakukan untuk pengembangan Usaha.

“Ditengah kesulitan mendapatkan bahan baku, untuk pengelohan Pisang sale secara manual Tradisional saya membutuhkan waktu yang lama,mulai tahap awal pengupasan dan pengasapan hingga pengeringan, terkadang saya harus memesan jenis pisang dari luar daerah yang kerap didatanfkan dari kota Biruen” Ujar Misra kepada RRI

Usaha pengelohan Pisang Salee tersebut sudah digeluti Misran sejak tahun 2006 lalu, ini merupakan usaha keluarga yang ditekuni secara turun temurun,  namun disayangkan, alasan pemasaran membuat pelaku usaha produk pisang salee masih tertinggal jauh dibandingkan kamasan produk yang ada didaerah lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar