Kodim Tarik Pasukan Dari Kamp Pengungsi Rohingya

KBRN, Lhokseumawe: Komandan Kodim 0103 Aceh Utara, Letnan Kolonel (Letkol) Arm Oke Kistiyanto menjelaskan prajuritnya saat ini sudah ditarik dari Kamp Pengungsi Rohingya.

Tidak hanya personel Kodim, personel Polres Lhokseumawe juga dilaporkan sudah seluruhnya ditarik dari shelter pengungsi Rohingya yang terletak di gedung BLK Kandang, Kecamatan Muara Dua tersebut.

"Sejak kewenangan penanganan pengungsi etnis Rohingya diserahkan kepada UNHCR oleh Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe, kita juga sudah menarik semua pasukan pengamanan di kamp tersebut", ujar Letkol Arm Oke Kistiyanto usai silaturrahmi dengan Kepala RRI Lhokseumawe, M Yusridarto, di Jalan Peutua Ibrahim, Nomor 75 Gampong Teumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu (20/1/2021) siang.

Pasca personil Kodim 0103 Aceh Utara ditarik dari Kamp pengungsi Rohingya, sebut Oke, seluruh tanggung jawab penanganan pengungsi terdampar itu menjadi kewenangan pihak UNHCR.

Pihaknya bersama Pemko dan Polres Lhokseumawe tidak lagi campur tangan soal pengungsi Rohingya.

"Informasi terakhir yang saya dapat katanya jumlah pengungsi yang ditampung di kamp gedung BLK sebanyak 94 orang dari sebelumnya 399 orang", tambah Dandim.

Dandim Aceh Utara juga tidak mengetahui persis kenapa jumlah pengungsi di kamp semakin berkurang. Apakah diduga kabur atau melarikan diri dari kamp penampungan.

"Kalau sebelumnya ada yang mencoba kabur kita tangkap. Tapi sekarang enggak tau lagi bagaimana. Silahkan konfirmasi ke pihak UNHCR apa yang terjadi", pungkasnya lagi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00