Jabat Sekda Aceh Utara, Murthala Direkom KASN, Begini Riwayatnya

KBRN, Aceh Utara: Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, Rabu (02/11/2020) pagi, melantik dan mengambil sumpah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. A. Murthala.

Pelantikan berlangsung dibawah penerapan Protokoler Kesehatan (Prokes) jaga jarak dan penggunaan masker bagi tamu dan undangan yang berhadir ke Aula Setdakab di Lantai III gedung kantor bupati setempat.

Pantauan RRI, pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara itu juga disaksikan Wakil Bupati (Wabup) Fauzi Yusuf, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Arm, Oke Kistianto SAP, hingga pejabat Pemkab setingkat Asisten, Kepala Dinas, Camat dan lain-lain.

Berdasarkan informasi dan data yang diperoleh RRI dari Tim Penilaian Kinerja (TPK) Setdakab Aceh Utara, menyebutkan, terhitung 01 Juli 2020, Jabatan Tinggi Sekda sempat dua kali dipegang oleh Pelaksana Tugas (Plt) setelah ditinggal Abdul Azis Midat karena pensiun pada 02 Juli 2020.

Asisten II, Ir. Risawan Bentara, MT menjabat sebagai Plt Sekda selama satu bulan dari Juli hingga Agustus. Namun selanjutnya Plt Sekda digantikan oleh Dr. A. Murtala hingga akhir November 2020.

Sejumlah jabatan penting lainnya juga pernah dijabat oleh Dr.A.Murthala seperti Kabag Tata Pemerintahan, kemudian Asisten III bidang Administrasi Umum, dan Kepala Bappeda Aceh Utara.

Dirinya juga terpilih menjadi Sekda Aceh Utara yang definitif setelah melewati proses seleksi Tim TPK Kabupaten bersama calon lainnya yakni Fakhrurrazi, Kadis DPMPP-KB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) serta Asisten II, Risawan Bentara.

Proses seleksi berjalan selama tiga bulan terhitung sejak September 2020 oleh tim TPK yang diketahui Asisten III dan beranggotakan Asisten I, Dayan Albar, MAP, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia (BKP SDM), Syarifuddin, Inspektur Aceh Utara, M. Nasir, dan Kabag Hukum, Fadhil, MH.

Selain tim TPK dan Anggota, penetapan Sekda Aceh Utara itu juga didasari pada rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta.

Atas dasar itu kemudian Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengeluarkan SK penetapan jabatan Sekda Aceh Utara bagi Dr. A. Murthala.

Video Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Dr A Murthala Sebagai Sekda Aceh Utara

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00