Luas Lahan Yang Terbakar di Bukit Goa Jepang Capai 5 Hektar

KBRN, Lhokseumawe: Kebakaran Lahan Rumput Ilalang di kawasan perbukitan Gampong Blang Panyang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, capai 5 Hektar (Ha).

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan. Sekitar lima hektar ya, keseluruhan areal lahan di goa jepang, dibelakang SPBU sampai mendekati pemukiman warga hingga rumah sekolah SD Blang Panyang", kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, S.IK , MH, melalui Waka Polres, Kompol Ahzan, kepada RRI, Senin (13/07/2020) malam.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Kebakaran padang rumput ilalang berdekatan persis dengan komplek lokasi wisata Bukit Goa Jepang Lhokseumawe.

Petugas gabungan dari Personil Polres, TRC BPBD, Relawan RAPI, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Disebutkan Wakapolres lagi, proses pemadaman api maupun titik api, sempat mengalami kesulitan karena armada Damkar Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe kesulitan untuk mencapai lokasi.

Sebab jalan aspal menuju ke lokasi Bukit Goa Jepang harus ditempuh dengan beberapa tanjakan sehingga truk armada damkar tak bisa dilarikan dengan kecepatan tinggi.

"Kebakaran sudah bisa diatasi. Kita lihat dari SPBU Blang Panyang ini sudah padam semua. Kesulitan tadi karena mobil unit damkar tidak mencapai lokasi, jadi sempat kita padamkan secara manual", ujar Kompol Ahzan mengisahkan kendala yang terjadi dilapangan.

Namun saat damkar bisa mendaki ketinggian bukit Goa Jepang, api berhasil dipadamkan seluruhnya. Semoga tidak ada titik api baru yang muncul, tutup Ahzan.

Sementara itu, penyebab kebakaran lahan tersebut belum diketahui.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00