Bangunan Makam Pahlawan Nasional Cut Meutia Hancur Tertimpa Pohon

KBRN, Aceh Utara : Bangunan berkonstruksi kayu di makam Pahlawan Nasional asal Provinsi Aceh, Cut Nyak Meutia, hancur tertimpa pohon. 

Tidak hanya itu bangunan makam Tgk. Seupot tidak jauh berada dari makam Cut Meutia juga rusak parah terimbas dari sejumlah pohon yang tumbang disekitar kawasan makam tersebut.

“Benar bang, itu kejadiannya pas Selasa malam (30/06/2020), informasi itu saya terima dari masyarakat yang sempat bermalam di jembatan gantung. Dia mendengar ada suara keras pohon tumbang. Memang selama beberapa hari ini angin diatas sangat kencang. Saya kemarin, (Sabtu 04/07/2020)  ada naik kesana untuk mengecek sekaligus membersihkan kayu, tapi kalau pohon agak susah karena pohonnya besar kali. Jadi harus ada bawa alat. Untung saya ada dibantu mahasiswa LSM pencinta alam, ini saya baru pulang dari makam “ papar penjaga makam Cut Meutia, Mudawali, saat dikonfirmasi RRI via handphone, Minggu malam (05/07/2020).

Menurut Mudawali, tumbangan pohon hanya mengenai bangunan makam Cut Meutia dan Makam Tgk Seupot dan tugu yang bertuliskan Makam Pahlawan Nasional.

“Cuma dua bangunan itu aja yang rusak parah bang, kalau balai tidak ada yang kena. Tapi sebelumnya tugu yang ada tulisan Makam Pahlawan Nasional itu terbelah dua, sama tertimpa pohon tumbang juga karena angin kencang, itu kejadiannya sekitar 10 hari lalu, rencananya besok akan melaporkan hal ini ke Dinas kebudayaan kabupaten“ ujarnya.

Seiring kejadian ini, Mudawali berharap Pemerintah agar segera menindaklanjuti kerusakan tersebut, mengingat, antusias masyarakat untuk berziarah ke makam Cut Meutia selalu ada, kendati akses jalan makam yang berada di Desa Alue Rime Kecamatan Pirak Timu ini masih sulit untuk diakses,

“ yaa terkait kejadian ini, kami berharap kepada Pemerintah agar segera dibangun lagi bangunan diatas makam Cut Meutia ini, kalau bisa jangan lagi berkontruksi kayu, tapi bagaimana layaknya makam Pahlawan Nasional ditempat lain, seperti itu lah harapan kami untuk makam Cut Meutia ini “ pinta Mudawali. 

Berikut Rekaman Video Tentang Kondisi Makam Cut Meutia Pasca Tertimpa Pohon yang dikirimkan Muda Wali Kepada RRI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00