Karang Taruna Peuneurah Aceh Meraih prestasi Tingkat Provinsi

KBRN, Aceh Utara :  Kabupaten Aceh Utara kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Aceh. Kali ini dalam bidang kreatifitas dan pemberdayaan pemuda-pemudi. Pada ajang tahunan yang bertajuk Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi, dari unsur Karang Taruna, wakil Kabupaten Aceh Utara Karang Taruna Peuneurah Aceh Gampong Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas berhasil meraih juara kelima.

Prosesi penyerahan hadiah kepada Karang Taruna Peuneurah Aceh Gampong Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas langsung diserahkan Pemerintah Aceh yang diwakili oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Selasa (03/12/2019) di Pendopo Wakil Bupati Aceh Utara di Lhoksukon.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf,  mengapresiasi Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara yang telah berhasil menghantarkan Karang Taruna Peuneurah Aceh Gampong Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas menjadi Karang Taruna Teladan yang telah berhasil meraih juara kelima Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019.

Kami atas nama Pemerintah Aceh Utara merasa bangga atas perolehan prestasi tersebut, semoga kedepan dapat ditingkatkan lagi, harapnya.

Fauzi Yusuf juga  mengharapkan agar Karang Taruna dapat menyatukan persepsi pemahaman saling bersinergi dan jalin kebersamaan dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Gampong, katanya. 

Ditambahkan Fauzi Yusuf, Pengurus Karang Taruna harus bisa melakukan identifikasi dan penggalian sumber daya keagamaan, sosial, ekonomi, dan infrastruktur unggulan untuk kebaikan dan kemajuan masyarakat Aceh Utara, harapnya.

Menurutnya, Pemuda Karang Taruna Gampong selaku Pageu Gampong harus siap menjadi garda terdepan dan terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan di Kabupaten, Kecamatan dan Gampong, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan, sebab pemuda akan menjadi estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, melalui Sekretaris Dinas Sosial Aceh Devi Riansyah, A.Ks, M.Si, mengatakan dalam Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, KarangTaruna Peuneurah Aceh harus bersaing ketat dengan wakil dari 23 kabupaten/kota lainnya di Aceh. Hal tersebut tentu saja tidak mudah, apalagi proses seleksi tersebut terbilang cukup panjang. Dari mulai penilaian kelengkapan administrasi pada bulan 16 April 2019, presentasi orientasi dan seleksi pada tanggal 24 dan 25 Juni 2019, hingga tahapan terakhir kunjungan langsung dari tim penilai pada tanggal 23 Juli 2019.

Devi Riansyah, menambahakn bahwa setiap tahun kita melakukan Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi di 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh dengan tujuan untuk memberikan penghargaan/apresiasi pemerintah kepada pilar-pilar di daerah sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang memiliki prestasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di masyarakat untuk meningkatkan kinerjanya serta kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Aceh serta dapat menginspirasi Pilar-Pilar Sosial lainnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Utara yang sangat peduli terhadap perkembangan karang taruna di Aceh Utara, dan kita juga berharap kepada Camat dan Geuchik untuk dapat membentuk karang taruna Kecamatan dan gampong yang belum ada serta dapat memberdayakannya. Sehingga nantinya pengurus dapat membantu pelaksanaan pembangunan ditingkat Kecamatan dan Gampong.

Sebenarnya sangat banyak program kegiatan yang ingin dilaksanakan oleh kawan-kawan Karang Taruna Gampong dan Kecamatan, tetapi terkendala dianggaran," ujar Sarjani.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Peuneurah Aceh dari Desa Alue Keujruen Hikmah Fajar mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung organisasinya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara, Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, dan Karang Taruna Kecamatan Tanah Luas  yang telah membina kami selama ini. Tak lupa juga kepada Pemerintah Desa Alue Keujruen, Pengurus dan Anggota Karang Taruna Peuneurah Aceh serta masyarakat Desa Alue Keujruen. Prestasi ini bukan hanya milik kami namun milik kita semuanya" pungkasnya. (MS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00