Kantor kemenag Lhokseumawe Lakukan Penentuan Arah Kiblat

KBRN, Lhokseumawe; Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Lhokseumawe melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas),  Kamis (07/07/22) melakukan penentuan arah kiblat, untuk pembangunan mushalla Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lhokseumawe.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd mengatakan. Penentuan arah kiblat tersebut merupakan bagian dari tindaklanjut atas permohonan yang dilayangkan pihak KSOP ke Kankemenag Kota Lhokseumawe beberapa hari yang lalu.

“Guna mendukung kelancaran dalam proses penentuan arah kiblat mushalla KSOP, Kami menurunkan alat berupa satu unit Theodolite dan GPS sebagai alat pendeteksi koordinat di lokasi pengukuran.”Kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe, Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd.    

Kakankemenag Kota Lhokseumawe, Zulkifli Idris menjelaskan. pelayanan dalam penentuan arah kiblat, merupakan bagian dari tugas yang diberikan oleh Negara kepada Kementerian Agama.

“Ini bagian dari Tugas Kantor Kementrian Agama, karena Arah kiblat merupakan bagian dari ibadah dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kekhusukan ibadah itu sendiri, hal ini bertujuan untuk menghindari problematika terkait arah kiblat dikemudian hari.” Terang Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd.    

Zulkifli Idris juga menghimbau kepada masyarakat yang akan membangun Masjid atau Mushalla untuk dilakukan penentuan arah kiblatnya terlebih dahulu.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kalibrasi arah kiblat dapat mengajukan surat permohonan yang ditandatangani oleh pengurus Masjid/Mushalla dan perangkat Desa setempat dan ditujukan kepada Kankemenag Lhokseumawe.” Jelasnya.

Sementara itu turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd, Kasi Bimas Islam H. Zainal Abidin, S.Ag.,M.Pd, Kepala KUA Kecamatan Muara Dua, Tim Falakiyah IAIN Lhokseumawe, perwakilan dari instansi KSOP dan tokoh agama serta masyarakat disekitar lokasi pembangunan mushalla, dan diakhir dengan penandatanganan bersama Berita Acara hasil penentuan arah kiblat sebagai bukti telah dilakukannya penentuan arah kiblat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar