Kawanan Gajah Liar Robohkan Gubuk Milik Petani Cot Girek

Gubuk Milik Petani Cot Girek Aceh Utara yang dirobohkan Gajah liar

KBRN, Aceh Utara : Kawanan gajah liar  dilaporkan mengobrak-abrik sejumlah lebih tananam petani dan merobohkan Gubuk milik petani kebun yang ada di Dusun Alue Buloh  Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

kedatangan kawanan binatang berbadan bongsor tersebut sudah terjadi sejak dua hari terakhir atau pada Jum'at (17/06/2022) malam dan sangat meresahkan sejumlah petani kebun yang memiliki tanaman, karena di injak-injak gajah liar tersebut.

 Leader Conservation Respons Unit (CRU) Cot Girek/Aceh Utara, Zaikyatuddin Syah, mengatakan kepada sejumlah wartawan menyebutkan, pihaknya bersama masyarakat telah berupaya  untuk melakukan penggiringan dengan cara menggunakan petasan yang dilepaskan ke udara.

"Kawanan gajah sempat terpantau dan ada yang masih anakan, lalu kita giring pelan-pelan, sehingga berkeliaran lagi di kebun milik warga yang sudah ditanam tanaman, seperti pohon dan durian,"kata Zaikyatuddin, Minggu (26/6/2022).

Sementara, upaya penggiringan terus dilakukan hingga Sabtu (25/6/2022) yang turut dibantu Babinsa Koramil Cot Girek Kodim 0103/Aut dan sejumlah masyarakat/petani. Dalam upaya penggiringan ini, rombongan harus mencari terlebih dahulu keberadaan gajah, supaya tidak salah cara saat dilakukan penggiringan, karena tidak mengatahui apakah gajah-gajah itu berpencar atau berkumpul.

"Kita melakukan pengiringan setelah berjalan menyusuri sisa-sisa kotoran dan jejak maupun jalur yang dilintasi, titik kumpul gajah diketahui. Karena Gajah-gajah itu sejak Sabtu sore mulai memasuki perbatasan antara kebun masyarakat dengan hutan, Tapi kita tetap menerima aba-aba dari petugas CRU saat melepaskan bunyian petasan ke udara secara bersamaan, sehingga secara perlahan, gajah liar tersebut mulai meninggalkan areal perkebunan masyarakat. "terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar