2 Periode Bupati, Kekayaan Cek Mad Rp 3 Miliar, Sumber Data LHKPN KPK

KBRN, Aceh Utara: Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, akan mengakhiri masa jabatannya pada 12 Juli 2022.

Politisi Partai Aceh ini memimpin kabupaten itu selama dua periode atau 10 tahun sejak tahun 2012.

Meski menjabat Bupati selama dua periode, kekayaan pria yang akrab disapa "Cek Mad" ini hanya Rp 5,3 miliar.

Hal itu terlihat dari data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilihat RRI.co.id, Senin (23/05/2022) di website https://elhkpn.kpk.go.id terakhir tahun 2020 kekayaannya hanya Rp 5,3 miliar.

Pada saat maju menjadi Bupati tahun 2012 silam, pria ini mencatatkan kekayaan sebesar Rp 1,3 miliar.

Harta itu terdiri dari harta bergerak sebesar Rp 638 juta dalam bentuk tanah tersebar di Aceh Besar dan Aceh Utara dengan keterangan hasil sendiri.

Sedangkan harta tidak bergerak berupa mobil Nissan tahun 1980 seharga Rp 30 juta dan giro setara kas sebesar Rp Rp 680 juta.

Untuk kekayaan terakhir yang dilaporkan tahun 2020, Cek Mad mencatatkan Rp 5,3 miliar dengan rincian tanah seharga Rp 638 juta tersebar di Aceh Besar dan Aceh Utara.

Mobil Nissan tahun 1980 seharga Rp 20 juta, harta bergerak lainnya Rp 432 juta, kas dan setara kas Rp 4.370.261.701.Uniknya, ternyata "Cek Mad" juga mencatat memiliki utang sebesar Rp Rp 69.787.267.

Sedangkan harta kekayaan tahun 2021 terakhir yang harus dilaporkan belum dipublis dalam website KPK RI.Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, belum berhasil terhubung hingga berita ini diturunkan.

Dua nomor handphonenya sibuk dan pesan singkat yang dikirim belum dibaca.

Sedangkan Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara, Hamdani, menyebutkan, seluruh laporan harta kekayaan negara pejabat di Aceh Utara tahun 2021 sudah diterima oleh KPK RI.

“Termasuk laporan LHKPN terakhir Pak Bupati. Statusnya sudah diterima oleh KPK RI. Mungkin belum dipublis saja di website,” sebutnya.

Cara Melihat Harta Kekayaan Pejabat

Lalu, bagaimana cara melihat harta kekayaan para pejabat? 

Dari penelusuran Cyber yang dilakukan RRI.co.id, laporan harta pejabat negara bisa diakses oleh masyarakat, caranya: 

1. Buka e-lhkpn di https://elhkpn.kpk.go.id

2. Kemudian akan muncul tampilan "Laporkan LHKPN" dan "Akses Pengumuman LHKPN". Silahkan klik "Akses Pengumuman LHKPN".

3. Setelah itu akan tampil sejumlah kolom yang harus di isi. Silahkan isi nama pejabat di kolom "cari" tahun laporan di kolom "tahun", dan kolom "lembaga" diisi dengan lengkap. Setelah itu centang kode keamanan dan klik lambang pencarian berwarna hijau.

4. Di kolom paling bawah akan muncul nama pejabat yang dicari. Untuk melihat daftar harta, klik gambar di pojok kanan bertanda panah hijau bertuliskan "preview cetak pengumuman", lalu isi nama, umur, dan profesi, lalu klik download.

Laporan harta kekayaan pejabat akan langsung muncul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar