Momentum Harkitnas ke 114, Wabub Aceh Tamiang Ajak Bangkit Bersama!

KBRN,Aceh Tamiang : Jum’at (20/05/22) Kabupaten Aceh Tamiang memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Mengusung tema “AYO BANGKIT BERSAMA” sebagai bentuk seruan agar bisa bangkit bersama dari pandemi  COVID-19  yang sudah  melanda  dua tahun terakhir.

Menjadi Inspektur Upacara, Wakil Bupati Tengku Insyafuddin, ST, di hadapan para peserta membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Dalam amanat tersebut, Wabup mengilas balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 1948, di mana ketika itu Presiden Soekarno menetapkan  hari  lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

“Adapun tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Kelahiran Boedi Oetomo sendiri mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah,” jelasnya.

Selanjutnya, dirinya menyebutkan momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

“Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!” serunya mengakhiri amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diikuti oleh Segenap unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala Perangkat Daerah, peserta upacara dari setiap OPD, insan pers, para undangan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar