Konsul AS Apresiasi Penanganan Covid-19 di Aceh Serta Kemurahan Hati Rakyat Aceh Terhadap Pengungsi Rohingya

KBRN,Lhokseumawe : Konsul Amerika Serikat untuk Wilayah Sumatera, Gordon S Church, secara terbuka memberikan apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Aceh dalam pengendalian Covid-19 di Aceh. Church juga secara khusus memuji kemurahan hati masyarakat Aceh yang menerima dan menolong kaum migran atau pengungsi Rohingya di Aceh.

Hal itu diungkapkan Church, Kamis, (20/01/2022), saat berkunjung ke Meuligoe Gubernur Aceh. Sementara Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya juga mengapresiasi Pemerintah Amerika Serikat yang telah berkontribusi secara signifikan pada pembangunan kembali Aceh pascabencana tsunami dan gempa bumi pada tahun 2004.

Pada sesi dialog, Gubernur Nova mengharapkan kolaborasi yang telah terjalin selama ini antara Pemerintah Aceh dan Pemerintah Amerika Serikat terus dipelihara, bahkan dikembangkan.

“Saya telah mengunjungi Amerika Serikat dua kali untuk memonitor kerjasama Pendidikan vokasional kedirgantaraan di Boeing, Seattle dan manajemen kehutanan berkelanjutan di negara bagian Oregon. Bahkan hingga saat ini, sedang berlangsung kerjasama antara universitas lokal di Aceh dengan Rhode Island University” ungkap Nova.

Lebih lanjut, Gubernur Nova Iriansyah mengajukan perluasan area kerjasama meliputi Pendidikan, kebudayaan, ekonomi, lingkungan hingga hak asasi manusia.

Sejalan dengan usulan Gubernur Aceh, Konsul Gordon menyambut baik tawaran kerjasama yang diperluas dan berjanji untuk melaporkan kepada atasannya di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Dalam kaitan itu, secara khusus, Konsul AS itu mengundang para pelaku bisnis dan aparatur Pemerintah Aceh untuk dapat berpartisipasi pada Seminar Investasi yang akan diadakan pada semester pertama tahun 2022 di Medan.

“Acara ini akan menghadirkan pelaku usaha Amerika Serikat dan juga institusi Pemerintah Amerika Serikat seperti Development Finance Corporation (DFC) dan USTDA, sebuah institusi pembangunan dan perdagangan di bawah naungan Kementerian Perdagangan Amerika Serikat.”

Diharapkan acara ini dapat menghasilkan kerjasama bisnis antara pengusaha Aceh dan pengusaha negara adidaya ini. Churh juga membuka peluang kerjasama semacam sister city dan sister province antara Aceh dan negara bagian di Amerika Serikat. Kerjasama kota atau provinsi kembar ini ditujukan agar kolaborasi antar pengusaha dari kedua wilayah kembar akan menjadi lebih erat.

Pada bagian lain Church juga memuji kerjasama dengan pemerintah setempat mengenai proyek-proyek bantuan dan kesehatan masyarakat seperti bantuan untuk pengendalian Covid-19, sektor kehakiman, dan lingkungan hidup.

Turut mendampingi Gubernur Nova dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Kepala Biro Perekonomian Setda Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar