Gampong Bandar Bireuen Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Kerukunan

KBRN,Bireuen : Gampong Bandar Bireuen Kecamatan Kota Juang, Bireuen menjadi salah satu desa berhasil meraih predikat desa sadar kerukunan yang diberikan pada acara pencanangan desa sadar kerukunan umat beragama. 

Hal tersebut sebagaimana tersebut dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh nomor: 434 tahun 2021 tentang penetapan desa sadar kerukunan Kanwil Kemenag Aceh.

Dua desa sadar kerukunan lainnya yang juga disebut dalam SK tersebut adalah Desa Pertamina Kecamatan Rantau Kabupaten Tamiang, dan Desa Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam.

Adapun prosesi penetapan dan penyerahan SK tersebut digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bireuen di Gedung Serba Guna Gampong Bandar Bireuen,.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi; menyambut baik dan berterima kasih atas terpilihnya Desa Bandar, sekaligus mengapresiasi penetapan desa sadar kerukunan tersebut. Menurutnya, ini merupakan kerja sama antara Kementerian Agama dan FKUB. Kamis (20/1/2022).

Muzakkar melanjutkan, desa sadar kerukunan merupakan wujud nyata kebersamaan yang diidam-idamkan untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama, meningkatkan persaudaraan, dan menghilangkan potensi perpecahan.

“Dengan pencanangan desa sadar kerukunan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan seluruh warga untuk senantiasa menjaga kerukunan yang sudah dijaga selama ini,” tandasnya.

Kepala Kankemenag Bireeun, Drs H Zulkifli Idris MPd mengatakan bahwa kerukunan adalah modal utama dalam membangun bangsa. Kementerian Agama dalam hal ini sangat serius dalam mewujudkan moderasi beragama.

Zulkifli menambahkan, program desa sadar kerukunan merupakan program prioritas pemerintah yang digagas oleh Kementerian Agama RI berkerjasama dengan pemerintah daerah dan FKUB.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar