UPTD BPKA Wilayah VI  Aceh Utara Minta Warga Manfaatkan Program Pemutihan Pajak

Warga sedang melakukan pengurusan pajak Program Pemutihan di Samsat Aceh Utara

KBRN, Aceh Utara : Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) Wilayah VI Kabupaten Aceh Utara, meminta masyarakat yang kewajiban membayar pajak kendaraannya menunggak dapat memanfaatkan program pemutihan pajak dan bisa langsung ke Kantor Samsat Aceh Utara.

Kepala UPTD- BPKA Wilayah VI, Jufri Se menyebutkan program pemutihan pajak dimulai tanggal 30 November 2021 sampai 31 Maret 2022, berupa pembebasan denda pajak kendaraan (PKB), pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak progresif.

“Kriteria keringanan pembebasan denda PKB yang diberikan yaitu, Bagi Wajib Pajak (WP) yang telat melakukan kewajiban membayar pajak kendaraan di masa pemutihan ini akan dibebaskan dari denda keterlambatan dan yang menunggak pajak lebih dari 5 tahun, cukup membayar pokok pajak sebanyak 4 tahun tanpa dikenakan dendanya, termasuk pembebasan pajak progresif.”kata Jufri.

Disebutkan di Aceh Utara ada sekitar 120 ribu kendaraan yang digunakan warga, baik mobil dan motor. Namun yang sadar untuk membayar pajak setiap tahun sekitar 40 persen, maka masyarakat yang kewajiban membayar pajak kendaraannya menunggak dapat memanfaatkan program pemutihan ini.

“Program pemutihan pajak ini tertuang dalam Pergub Nomor 47 tahun 2021 pada pasal 5 ayat 1, bertujuan untuk mengatasi krisis ekonomi yang dialami masyarakat di tengah pandemi covid 19. kita berharap timbul kesadaran bagi penggunaan kendaraan yang menunggak dapat memanfaatkan program ini,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar