Komandan Lanal Lhokseumawe Pimpin Latihan Prajuritnya

KBRN,Aceh Utara : Untuk membina dan membentuk fisik prajurit, Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan Minggu Militer meliputi latihan lintas medan, latihan renang laut, latihan selam dan latihan SAR (Search And Rescue) laut yang dilaksanakan di jalan lintas Gunung Salak Aceh Utara dan pelabuhan umum Kreung Geukuh, Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. Selasa, 7/12/2021.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah selain memimpin latihan limed, latihan renang laut, latihan selam dan latihan SAR laut juga menegaskan, kegiatan minggu militer tersebut merupakan agenda rutin yang sudah dilaksanakan oleh Lanal Lhokseumawe, kegiatan tersebut selain untuk melatih prajurit TNI AL Lhokseumawe juga untuk merefresh serta meningkatkan kemampuan perorangan dan ketangkasan sebagai Prajurit TNI AL, karena sebagai prajurit TNI diwajibkan untuk memiliki kondisi fisik yang prima guna meningkatkan kemampuan jasmani.

Tujuan latihan tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalisme Prajurit Matra Laut yang harus selalu siap melaksanakan operasi militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), karena kesiapan tempur ini sangat penting dijaga, agar Lanal Lhokseumawe dapat menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI.

Sebelum pelaksanaan latihan renang laut, latihan selam dan latihan SAR laut terlebih dahulu dilaksanakan latihan lintas medan yang dilepas dan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Lhokseumawe  dengan jumlah peserta 67 prajurit, kali ini lintas medan berjalan kaki menempuh jarak -+ 20 KM dengan start dari One Refinery Gunung Salak Aceh Utara. Latihan lintas medan kali ini hanya menempuh jarak yang sedang, tetapi jalur yang harus dilewati merupakan jalan yang naik turun dimana sebelumnya melaksanakan limed seluruh prajurit telah dilakukan pengecekan tensi dan kondisi kesehatan lainnya oleh Tim Kesehatan Balai Pengobatan Lanal Lhokseumawe.

Sedangkan untuk latihan renang laut dilaksanakan sejauh 200 m di pelabuhan Semen Krueng Geukuh yang didahului pengarahan oleh Pelatih tentang teknik renang laut, cara penyelamatan bila perenang mengalami Kram atau terkena binatang laut yang menganggu kesehatan perenang yang dapat beresiko terjadinya kecelakaan latihan. Sedangkan untuk latihan selam Scuba, para peserta latihan langsung mendapatkan pelatihan oleh tim penyelam profesional Lanal Lhokseumawe dimulai dari penyegaran materi penggunaan alat selam, watertrapen (mengambang di laut), drill teknik penyelaman hingga teknik penyelamatan saat terjadi permasalahan penyelaman. Para peserta melaksanakan latihan penyelaman di Kolam Pelabuhan Krueng Geukuh dengan kedalaman hingga 5 meter secara berpasangan diikuti oleh instruktur.

Selain latihan renang laut dan latihan menyelam menggunakan scuba tank serta praktik penyelaman dengan mengunakan scuba tank di kedalaman -+ 5 meter juga dilaksanakan cara menolong orang yang mengalami kecelakaan/hanyut dilaut serta  tenggelam dilaut/dikolam dengan metode RJP (Resusitasi Jantung Paru) atau pompa jantung manual dengan menggunakan kedua tangan dan bantuan pernafasan oleh Kepala Balai Pengobatan Lanal Lhokseumawe Lettu Laut (K) dr. M. Yoga.

Pelatihan metode RJP (Resusitasi Jantung Paru) tersebut wajib dipahami dan dimengerti bagi prajurit Lanal Lhokseumawe karena RJP merupakan upaya pertolongan medis pertama untuk mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah dalam tubuh kepada orang yang mengalami kecelakaan/tenggelam di laut/kolam sebelum mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Seluruh rangkaian latihan Gladi Tugas Tempur hari ini adalah untuk membentuk profesionalisme prajurit Lanal Lhokseumawe yang handal sekaligus membentuk kemampuan fisik yang prima agar selalu siap menghadapi tantangan tugas di Laut. Untuk hari kedua, Latihan Glagaspur TW IV. TA.2021 akan memasuki materi menembak senjata ringan, senjata mitraliur sedang dan senjata mitraliur berat dengan teknik tembak defensif dan teknik tembak ofensif jarak dekat yang dilaksanakan dilapangan tembak dilanjutkan menembak taktis di atas perahu karet dan KAL.Bireuen terhadap sasaran dummy di Laut.

Rangkaian pelaksanakan Latihan Lintas Medan, Latihan Renang Laut, Latihan SAR dan Selam dalam rangka Latihan Gladi Tugas Tempur TW IV. TA. 2021 yang diikuti Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiyono, Paspotmar Mayor Laut (KH) Farizal, Perwira Staf, Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe.(aldo).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar