Penghulu di Aceh Timur Ikuti Pembinaan Latihan Karya Tulis Ilmiah

KBRN,Aceh Timur : Sejumlah penghulu di Kabupaten Aceh Timur mendapatkan pembinaan latihan karya tulis ilmiah (LKTI). Kegiatan tersebut  dilaksanakan dari 6 – 10 Desember 2021 yang diikuti oleh 33 penghulu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur tersebut berlangsung dari Jam 01.05 WIB- Selesai .Acara tersebut dilaksanakan di aula lantai dua kemenag Setempat.

Terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan keilmuan para penghulu dalam mengembangkan profesi di bidang penulisan karya ilmiah terkait kepenghuluan dan hukum Islam.Hal itu disampaikan Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melalui Kasi Bimas islam Muhammad Mansyur S.Sos.I, MA di sela-sela pelathan LKTI.

"Selain itu, menumbuhkan semangat dan kecintaan para penghulu agar selalu mempunyai gagasan ilmiah, serta mampu mengkaji dan mendalami ilmu penelitian, menguji, menganalisa, implementasi serta evaluasi permasalahan yang terjadi di masyarakat," urai Mansyur.

Lebih lanjut Mansyur mengatakan kegiatan ini merupakan sebagai bentuk peningkatan kompetensi ASN yang dianggap penting.

“Peningkatan kompetensi bagi ASN Kemenag khususnya Penghulu merupakan sebuah keharusan untuk dilakukan. Hal tersebut merupakan perwujudan dari salah satu visi misi Kementerian Agama yaitu menjadikan ASN yang profesional,” terang Mansyur.

Mansyur berharap setelah dilaksanakan pelatihan LKTI ini para penghulu di kabupaten Aceh Timur khususnya dapat lebih memahami tentang tata cara pelatihan karya tulis ilmiah dan tidak ada lagi kesalahan dalam penulisan KTI

Menurutnya, salah satu bentuk peningkatan kompetensi bagi Penghulu adalah dengan membuat karya tulis ilmiah. “pembuatan karya tulis ilmiah itu bisa menyangkut profesi sendri atau bisa secara hukum islam, apa saja yang terkendala di lapangan, kita kaji serta kita anailisis lalu kita implementaikan dalam bentuk tulisan,” jelas Mansyur 

Terakhir Mansyur mengatakan ke -33 penghulu akan dibekali ilmu KTI oleh dua narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Dr.Mawardi Siregar MA dari Ketua Dewan pembina Dakwah Sumatera dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H.Salman,S.Pd,M.Ag.

Untuk diketahui sebelumnya dihari yang sama kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur h.Salman S.Pd,M.Ag juga membuka rapat Reviu Anggaran Periode November Tahun 2021 dan membuka Rapat pelalsanaan HAB ke-76 di Aula Serba Bisa kantor kemenag Aceh Timur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar