Pemkab Aceh Timur Gelar Seleksi MTQ

KBRN,Aceh Timur : Seleksi peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an tahun 2021 untuk tingkat Kabupaten Aceh Timur hari ini dimulai, Selasa (30/11/2021).

Pembukaan seleksi para peserta MTQ ini dilakukan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP yang mewakili Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH di Aula kantor Dinas Syariat Islam setempat.

Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH dalam pidatonya yang dibacaka oleh Asisten Bidang Pemerintahan mengajak masyarakat di Aceh Timur untuk terus mempelajari dan membumikan Al-Quran ditengah-tengah keluarga.

"Mari kita terus pelajari dan membumikan Al-Quran ditengah-tengah keluarga kita masing-masing, dan mari kita mendidik putra putri kita menjadi generasi yang Qur'ani dengan menanamkan aqidah islamiah kedalam setiap jiwanya," ajak Bupati Rocky sapaan akrab Bupati Aceh Timur H Hasballah dalam pidato yang dibacakan oleh Syahrizal Fauzi.

Ia juga menambahkan, Al-Qur'an selain berisi nilai-nilai keimanan, Al-Qur'an juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi kita ummat manusia dalam mempelajari kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan, ketauladanan serta pesan-pesan moral yang luhur karena selalu memberikan pencerahan dan keteduhan batin bagi siapa saja yang membacanya.

"Pesan Alquran juga melarang kita berputus asa, terhadap Rahmat Allah SWT, Alquran selalu memberikan kabar gembira, bahwa dibalik kesukaran akan ada kemudahan-kemudahan. Sekali lagi harapan saya kepada seluruh elemen masyarakat dalam wilayah Aceh Timur, marilah dengan diselenggarakannya MTQ ini kita temukan rasa cinta kita kepada Al-Qur'an dan kesadaran untuk menjadikan Al-Qur'an dan Sunnah nabi sebagai way of live ataupun jalan hidup untuk meraih kehidupan yang bermoral, sejahtera dan bermartabat," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur Syawaluddin SH MH dalam laporannya mengatakan, seleksi MTQ tingkat kabupaten ini diikuti sejumlah 468 peserta putra dan putri, yang berasal dari 24 Kecamatan yang ada di Aceh Timur.

"Adapun beberapa Cabang yang dipertandingkan yaitu Tilawah, Hifzil Quran, Fahmil Qur'an, Tafsir Quran, serta Syarhil Quran, Khattil Quran dan KTIQ," sebut Syawaluddin dalam penyampaian laporannya di aula Dinas Syariat Islam setempat.

Menurut Syawaluddin, pelaksanaan kegiatan ini dimulai sejak 30 November sampai 3 Desember 2021 mendatang. Adapun sejumlah lokasi yang telah ditetapkan yaitu, di aula Dinas Syariat Islam setempat, aula LPTQ, aula SMPN 1 Idi Rayeuk dan aula Bappeda. 

"Sedangkan dewan hakim ada yang dari Provnsi Aceh dan Kabupaten Aceh Timur," tambah Syawaluddin.

Dalam kegiatan turut dihadiri, Dewan hakim dari Provinsi Aceh Prof. DR. Fauzi Saleh MA, para dewan hakim dari Aceh Timur, koordinator, para ketua, sekretaris dan anggota dewan hakim seleksi peserta MTQ tingkat kabupaten.

Turut hadir ketua dan unsur pengurus LPTQ, para Camat yang diwakili oleh Kasi Keistimewaan Aceh, Kepala kantor Depag, para Official dan pelatih MTQ serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar