Antisipasi Bahaya Banjir, Babinsa dan Masyarakat Gotong Royong Bangun Tanggul

KBRN, Aceh Utara - Dalam rangka mengantisipasi bahaya banjir yang sewaktu-waktu bisa terjadi terlebih di musim penghujan, Babinsa Koramil 10/Tnl Kodim 0103/Aceh Utara bersama Warga Masyarakat melaksanakan karya bakti pembenahan dan penguatan tanggul Sungai di Desa Paya Beurandang Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, Jumat, (26/11/2021).

Hujan deras yang mengguyur di beberapa kecamatan Wilayah kabupaten Aceh utara terutama di Desa Paya Beurandang beberapa hari terakhir mengakibatkan bibir tebing ambruk.

Melihat kondisi tersebut, Babinsa  bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pembuatan tanggul sementara terbuat dari tumpukan karung yang berisikan tanah.

“Di desa Paya Beurandang kita membuat tanggul dari karung di isi tanah, meskipun sederhana tapi bisa meminimalkan arus agar tidak jebol, mengingat curah hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Utara.Ungkap Babinsa Sertu Dahri.

Mendapat laporan tersebut, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P., melalui Danramil 10/Tnl Mayor Inf Muklisyam memberikan apresiasi kepada Babinda dan masyarakat yang sigap bergotong royong mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan mengingatkan sekarang sudah musim hujan.

"Pada musim hujan ini semua pihak harus menjaga kebersihan lingkungan terutama jangan membuang sampah sembarangan sehingga tidak menjadi penghambat aliran sungai. Sebab apabila sampahnya menumpuk akan mengakibatkan Airnya meluap membuat tebing di sekitarnya ambruk dan airnya masuk ke pemukiman warga," .Terang Mayor Muklis.

Danramil juga mengatakan, pada musim penghujan seperti saat ini, personil Babinsa ditekankan untuk memonitor daerah binaan masing-masing, terutama apabila terdapat bencana alam, seperti Banjir, tanah longsor dan lainnya, Babinsa harus mengetahui dan bergerak cepat.Tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar