Babinsa Dewantara Optimalkan Pemantauan Pontensi Paparan Covid 19

KBRN, Lhokseumawe : Babinsa Koramil 03/Dwt Kodim 0103/Aceh Utara, Serka Boby Bersama rekannya melakukan pendampingan kepada petugas puskesmas Kecamatan Dewantara dalam rangka percepatan penanganan Covid 19 yang bertempat diposko gugus tugas Puskesmas Meura Mulia, Senin, (18/10/2021).

Kegiatan pendataan tersebut dilaksanakan terhadap warga yang masuk dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sesuai data yang ada, dimana selama ini bila ada warga ODP, maka harus menjalani isolasi mandiri dan tentunya dalam pengawasan perangkat Desa.

Salah seorang petugas medis Fitria mengatakan bila ada warga dikatakan masuk dalam kategori warga ODP adalah orang yang mengalami demam (≥38°C) atau riwayat demam atau terdapat keluhan sistem pernapasan seperti pilek,sakit tenggorokan,batuk dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di wilayah yang terdapat transmisi lokal, dan Klasifikasi lain ODP adalah orang yang mengalami keluhan pada sistem pernapasan seperti pilek,sakit tenggorokan,batuk dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan pasien positif covid-19.sehingga yang bersangkutan akan menjalani isolasi dan dapat dilakukan di rumah sendiri dalam waktu 14 hari.

Setelah menjalani isolasi tersebut maka perlu dilaksanakan rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan warga tersebut. Hal ini demi kenyamanan bersama dan juga sebagai upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, ujarnya.

“Kepada warga perlu di ingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk keamanan bersama”.

Serka Bobi, selaku Babinsa merasa bersyukur karena di wilayah binaannya Alhamdulillah tidak ada yang terpapar virus corona, namun demikian ia menyampaikan agar warga tetap waspada akan penyebaran virus corona (covid-19).

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan bahaya dari virus corona, semoga virus ini bisa segera hilang dan punah dari wilayah kita, khususnya Negeri kita tercinta Indonesia ini.

“Jangan lengah dan selalu ikhlas jalankan protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari keluar rumah bila tidak perlu dan selalu gunakan masker agar kita semua terjaga kesehatannya,”. ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00