Wabup Letakkan Batu Pertama 273 Unit Rumah Fakir Miskin Baitul Mal Aceh Utara

KBRN, Aceh Utara : Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara, akan membangun 273 unit rumah fakir miskin untuk tahun anggaran 2020,  yang tersebar di 27 kecamatan dalam kabupaten setempat.

Secara perdana pembangunan rumah layak huni itu dilakukan di Gampong Baroh Kuta Batee Kecamatan Meurah, Rabu, (8/7/2020).

Peletakan batu pertama pembangunan rumah fakir miskin itu, dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Ketua Baitul Mal Aceh Utara Tgk Yusradi Ismail, SE, Muspika Meurah Mulia, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengajak seluruh masyarakat Aceh Utara untuk membayar zakat dan infaq melalui lembaga resmi seperti Baitul Mal, karena lembaga tersebut akan menyalurkan kepada warga yang membutuhkan.

“Sebelum pembangunan rumah layak huni kepada warga fakir dan miskin di Aceh Utara, telebih dahulu dilakukan Survey oleh tim Baitul Mal, apakah yang mengajukan proposal sebelumnya layak atau tidak menerima bantuan rumah itu,”kata Wakil Bupati. Rabu (8/7/2020).

Selain itu, Wakil Bupati, memberikan apresiasi kepada Baitul Mal yang telah menyisihkan sebagian dana zakat dan infaq untuk digunakan membangun rumah bagi warga dhuafa, karena program ini  sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Utara secara keseluruhan.

“Kedepan Pemkab Aceh Utara menargetkan adanya peningkatan jumlah rumah dhuafa yang dibangun, baik melalui anggaran Baitul Mal, maupun melalui anggaran pada SKPK lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.”terangnya.

Sementara Ketua Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara Tgk Yusradi Ismail, SE, menambahkan kebutuhan rumah untuk kategori fakir dan miskin di Aceh Utara tahun 2020 mencapai 21.000 unit. Namun yang mampu dibangun Baitul Mal tahun ini hanya 273 unit dengan anggaran yang ada.

 ”Dari 273 unit yang dibangun tahun yang tersebar di 27 kecamatan, yaitu dari sumber dana zakat sebanyak 221 unit, dan sumber dana infaq sebanyak 52 unit, sedangkan pembangunan rumah fakir miskin ini, dilakukan secara swakelola oleh Tim Penyelenggara yang telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati,” jelas Yusradi.

Selain bentuk bantuan rumah layak huni kepada fakir dan miskin, kata Tgk Yusradi, Baitul Mal juga menyalurkan bantuan biaya untuk pedamping warga miskin yang dirawat di rumah sakit luar Aceh Utara dan bantuan kitab kepada para santri.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00