Ada Danrem di Acara Milad Syiar Muhibbah Shubuh ke-8

KBRN, Lhokseumawe : Danrem 011/Lilawangsa Kolonel. Inf. Bayu Permana, S.H, ikut menghadiri dan Shalat Shubuh berjamaah pada acara Milad ke-8 kegiatan Syi’ar Muhibbah Shubuh (SMS) edisi ke-420 di Mesjid Jamik, Gampong Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Minggu (22/05/22).

Pantauan RRI, Danrem duduk di Shaf depan berbaur bersama ratusan jamaah yang hadir pada kegiatan tersebut.

Darem Kolonel. Inf. Bayu Permana, S.H, juga disematkan sebuah Pin SMS karena sudah hadir pada kegiatan tersebut.

Sementara pembina SMS Tgk. Asnawi Adullah, dalam sambutan singkatnya sempat menceritakan kisah awal mulanya pencetusan kegiatan Syi’ar Muhibbah Shubuh ini.

“Pertama-tama kita ucapkan syukur Alhamdulillah bahwa ujian dari Allah yaitu virus covid 19 sudah mulai reda, sehingga kita dapat Kembali berkumpul berjamaah seperti dulu lagi”,ucap Tgk. Asnawi Abdullah.

“Gerakan subuh berjamaah ini terbesit oleh kami juga khadim SMS Abu Ali dan saat itu juga ada Tgk. Misran Fuadi dan lain-lain di Kota Madinah Arab Saudi agar shalat subuh berjamaah ini hidup di Kota Lhokseumawe, maka dibentuklah SMS”, kisahnya.

Tgk. Asnawi menjelaskan pada tanggal 18 Mei 2014 silam Gerakan SMS pertama kali berlangsung di Mesjdi Al-hikamh Cunda Kecamatan Muara Dua dengan jumlah jamaah ketikat itu hanya dua puluh orang saja, dan kini ia merasa bangga karena sudah lebih dari enam ratus jamaah yang selalu hadir dalam acara SMS setiap minggunya.

Sementara Khadim SMS Abu Ali Basyah pada kesempat tersebut juga berpesan kepada Danrem 011/Lilawangsa agar Kembali menghidupkan program Shalat Subuh Berjamaah di Mesjid Agung Islamic Center yang dulu sempat terlaksana oleh Danrem yang sebelumnya.

Acara memperingati milad Syi’ar Muhibah Subuh ke-8 itu di isi ceramah oleh Da’i internasional yaitu Dr. Abu H. Rusli Hasbi, MA (Dosen Universitas Islam Negeri Jakarta). Dalam ceramah singkatnya ustadz Rusli Hasbi bertanya kepada jamaah siapa yang bertanggungjawab dihadapan Allah nanti kenapa masjid-mesjid di Aceh khusunya Lhokseumawe Aceh Utara kebanyakan kosong tidak ada jamaah.

“Maka dalam kesempatan ini saya sampaikan sebuah hadist betapa penting dan wajibnya shalat berjamaah dimesjid, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيُحْتَطَبَ ، ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَيُؤَذَّنَ لَهَا ، ثُمَّ آمُرَ رَجُلاً فَيَؤُمَّ النَّاسَ ، ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى رِجَالٍ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ

“Demi jiwaku yang ada pada tangan-Nya, aku telah bermaksud memerintahkan untuk mengambilkan kayu bakar, lalu dikumpulkan, kemudian aku memerintahkan azan shalat untuk dikumandangkan. Lalu aku memerintahkan seseorang untuk mengimami orang-orang berjama’ah, kemudian aku mendatangi orang-orang yang tidak shalat berjama’ah lalu aku membakar rumah mereka.” (HR. Bukhari, no. 644 dan Muslim, no. 651)

Maka jelas hadist ini ada narasi ancaman bagi orang yang enggan shalat berjamaah di masjid, maka setiap kita punya tanggungjawab untuk hal ini jelaas”, ungkap Dr. Rusli Hasbi.

Pada akhir Acara, panitia juga menyediakan menu sarapan pagi untuk jamaah yang telah hadir meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan milad SMS ini turut dihadiri oleh Asisten II, Pemerintah Kota Lhokseumawe, Maxalmina, Kapolsek Banda Sakti, Ipda. Faisal, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe, Tgk. Misran Fuadi dan Jamaah dari Lhoksukon Aceh Utara.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar