Masa Pandemi COVID-19, I'tiqaf Bisa di Rumah Saja

Seorang muslim berdoa saat itikaf di Masjid Jamik, Lhokseumawe, Aceh, Jumat (15/5/2020) dinihari. Memasuki sepuluh hari terakhir Ramadan, umat muslim memperbanyak ibadah untuk mengharapkan hikmah malam lailatulkadar. ANTARA FOTO/Rahmad/pras.

KBRN, Jakarta : Bulan Ramadan memasuki episode 10 malam terakhir. Dimana periode ini, banyak umat Muslim tengah mengejar satu malam yang lebih mulya dari 1000 bulan, yakni malam Lailatul Qadar.

Tidak mudah untuk mendapatkan itu, perjuangan tentu harus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan i'tikaf atau berdiam diri di masjid melepas rutinitas dunia untuk menjalankan qiyamullail (mendirikan malam).

Untuk diketahui, berdiam di masjid merupakan salah satu rukun dari i'tiqaf. Namun di masa pandemi COVID-19, untuk memutus mata rantai penularan, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau untuk sementara tidak beribadah di masjid.

Namun umat Muslin tidak perlu bersedih hati, dikutip dari konsultasifiqih, memang berdasarkan firman Allah SWT, QS Albaqarah ayat 187, yang artinya : "Dan kalian sedang beriktiqaf di masjid," maka tentu iktiqaf tidak dibolehkan dilakukan di luar masjid, termasuk di rumah. 

Kecuali mazhab Hanafi yang membolehkan iktiqaf kaum wanita di musala rumahnya masing-masing. 

Selain itu bagi yang berniat iktiqaf yang sudah menjadi kebiasaan dan sudah memasang niat jauh sebelum datangnya Ramadan, maka saat ada hambatan sepertti halnya COVID-19 saat ini, maka niat itu akan tersampaikan sebagai sebuah pahala yang sama.

Hal itu dikuatkan dalam sebuah hadis. (HR. Al Bukhari) Nabi SAW bersabda yang artinya : "Jika seorang hamba sakit atau bermusafir, dicatatkan baginya seolah ia melakukan ibadah ketika ia dalam kondisi mukim (menetap tidak bermusafir) dan sehat"

Artinya, siapapun yang memiliki kebiasaan ibadah, lalu terkendala seperti karena sakit atau bermusafir hingga tidak sanggup melakukannya, niscaya dicatatkan Allah SWT pahala seolah ia melakukan ibadah tersebut disebabkan kebiasaannya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00