Mengandung Banyak Air, Konsumsi Kolang-Kaling Baik Saat Bulan Puasa

(ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp)

KBRN, Jakarta : Kolang-kaling menjadi bahan minuman yang dicari di bulan Ramadan. Berbagai variasi minuman dapat dibuat dengan buah segar yang dihasilkan dari pohon aren atau enau (Arenga Pinnataini) ini.

Dibalik kesegarannya, ternyata kolang-kaling juga baik dan bermanfaat untuk untuk kesehatan. Di dalam buah bewarna putih ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dikutip dari alodokter.com, setidaknya, di dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. 

Tidak hanya itu, kolang-kaling juga merupakan sumber vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tentu kolang-kaling bermanfaat bagi tubuh, terutama saat insan Muslim tengah melaksanakan ibadah berpuasa.

Beberapa santapan berbuka puasa atau takjil yang berbahan kolang-kaling diantaranya puding kolang-kaling, kolak kolang kaling, es blewah kolang-kaling, manisan kolang-kaling, es buah kolang-kaling, dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00