Bendera Khilafah Dikibarkan di Piala Dunia

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Video Bendera Khilafah Dikibarkan Saat Pembukaan Piala Dunia di Qatar (Foto: Turnbackhoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang menunjukkan seseorang sedang menaiki Omni Hoverboard dan mengibarkan bendera yang diklaim merupakan bendera khilafah. Terlihat kegiatan tersebut dilakukan dalam stadion sepak bola.

Dan hal tersebut juga dilakukan beberapa saat sebelum pertandingan dimulai. Selain itu, video tersebut diklaim merupakan pembukaan piala dunia di Qatar.

Namun, setelah ditelusuri melalui Turnbackhoax, klaim tersebut salah. Video tersebut merupakan video sejak 2019, beberapa saat sebelum pertandingan final kompetisi King’s Cup Saudi Arabia 2019. 

ACTLD merupakan Perusahaan lighting designer yang menangani pencahayaan saat acara final tersebut. Melalui situs resminya juga membagikan foto pada saat pengibaran bendera Arab Saudi dengan menggunakan Omni Hoverboard. 

Diketahui, final King’s Cup Saudi Arabia 2019 mempertemukan Al-Taawoun FC melawan Al-Ittihad. Akun Twitter resmi Al-Ittihad Club juga membagikan foto dengan frame sama dalam video tersebut, sejak awal Mei 2019. 

Sehingga, dapat disimpulkan klaim dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan pembukaan piala dunia di Qatar 2022. Selain itu, bendera yang berkibar dalam video tersebut berbeda dengan bendera khilafah. 

Bendera khilafah berlatar hitam atau putih, serta tidak terdapat pedang di bawah kalimat tauhidnya. Sedangkan bendera Arab Saudi terdapat kalimat tauhid dengan latar berwarna hijau tua, sebuah pedang berwarna putih.


Referensi: Turnbackhoax