Empat Orang Masuk Islam saat Piala Dunia

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal "EMPAT ORANG MASUK ISLAM SAAT MENDENGARKAN CERAMAH ZAKIR NAIK SELAMA UPACARA PEMBUKAAN PIALA DUNIA FIFA DI QATAR 2022". (Foto: Turnbackhoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah cuitan disertai video yang menyatakan bahwa ada empat orang masuk Islam. Adanya kondisi tersebut saat mendengarkan ceramah Zakir Naik selama upacara pembukaan Piala Dunia di Qatar 2022.

Bahkan, pada narasi juga menyebutkan Ustadz kontroversial Zakir Naik pimpin syahadat penonton Piala Dunia 2022 Qatar masuk Islam. Video itu beredar di tengah perhelatan Piala Dunia 2022 tengah digelar.

Namun setelah ditelusuri melalui Turnbackhoaks, seseorang yang diduga Zakir Naik terlihat membaca ayat-ayat Islam dan empat orang lainnya mengulanginya itu benar. Hanya saja itu video tersebut adalah video lama, yang tidak ada hubungannya dengan Piala Dunia FIFA yang sedang berlangsung. 

Bahkan, video tersebut adalah video yang identik dengan video siaran langsung ceramah Zakir Naik. Video tersebut berjudul β€œDoes God Exist?” yang dilaksanakan di Cultural Village Foundation Doha, Qatar pada Mei 2016.

Maka dapat disimpulkan jika klaim empat orang masuk Islam saat Piala Dunia FIFA di Qatar 2022 tidak terbukti atau hoaks. Faktanya, empat orang masuk islam tidak ada hubungannya dengan Piala Dunia 2022. 

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/11/29/salah-empat-orang-masuk-islam-saat-mendengarkan-ceramah-zakir-naik-selama-upacara-pembukaan-piala-dunia-fifa-di-qatar-2022/