Sembilan Pengcab Perbasi NTT Direncanakan Ikut Porprov 2022

KBRN, Kupang : Pengurus Provinsi Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melibatkan sembilan Pengurus Cabang Olahraga Basket di Kota dan Kabupaten untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi NTT Tahun 2022 di Kota Kupang.

Ketua Umum Perbasi NTT melalui Sekertaris Marthen Bana menjelaskan, sembilan Pengurus Cabang Olahraga yang terencana berpartisipas dalam multi even Pekan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur 2022 adalah, Kota Kupang, Kabupaten TTS, Ngada, TTU, Belu, Sabu Raijua, Ende, Alor, dan Sumba Timur.

“Basket sendiri pada Porprov 2018 itukan kita libatkan lima Kabupaten-Kota. Sehingga kita harapkan pada Porprov 2022 yang sudah ada penambahan dari empat Kabupaten lainnya yakni Sabu Raijua, Ende, Alor, dan Sumba Timur, semakin banyak daerah yang mendukung perkembangan pembinaan atlet, dan kita harapkan mereka terlibat dalam Porprov NTT 2022,” kata Marthen Bana.

Marthen Bana berharap, pengurus dapat menghadirkan sembilan Pengurus Cabang Olahraga dari Kabupaten-Kota tersebut, agar cabang olahraga Basket di NTT lebih berkembang pembinaanya di daerah-daerah, dan kepengurusannya pun tetap eksis di Nusa Tenggara Timur.

“Jadi kita harapkan basket kedepan makin berkembang, karena basket itu sebelum tahun 2013 kita dipercaya memimpin organisasi basket di NTT baskit itu sempat mati. Itu lama mati kemudian bahkan kepengurusannya dibekukan, sehingga akhirnya dipercayakan kepada kami ibu Emi dan saya sebagai Sekertaris maka ada beberapa kegiatan yang kita jalankan,” ungkap Marthen Bana.

Marthen Bana juga mengungkapkan, Perbasi NTT akan menggelar Kejuaraan Daerah sebelum Pekan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur akan terlaksana di Kota Kupang pada Oktober 2022 mendatang.

“Dalam waktu dekat kita akan bikin (buat) kejuaraan daerah setelah itu baru mengikuti Porprov. Sehingga kita berharap dan saya sudah menginformasikan kepada teman-teman di Pengurus Cabang agar mereka mempersiapkan diri sehingga jangan sampai mau Proprov baru kaget, baru dapat informasi dan lain sebagainya. Walaupun secara resmi kita belum bersurat, tetapi melalui WA kita sudag berkoordinasi dengan teman-teman agar mereka persiapkan diri dengan baik, agar pelaksanaan Porprov nanti dapat berjalan aman dan lancar serta banyak dari daerah yang terlibat,” tegas Marthen Bana.

Sementara itu berkaitan dengan lokasi kegiatan Sekertaris Perbasi NTT Marthen Bana mengatakan, ada dua tempat tertutup dan representative yang akan mereka gunakan pada saat Pekan Olahraga Provinsi NTT 2022 yakni, GOR Flobamora Oepoi Kupang dan GOR Pitobi Sport Center Sikumana.

Panitia juga akan mempertandingkan dua nomor putra dan putri yakni, five on five (lima lawan lima), dan tiga lawan tiga.

Pemain yang mereka syaratkan sesuai juknis adalah, paling banyak usia diatas 16-23 tahun sebanyak lima puluh persen, sedang usia dibawah 16 tahun dan diatas 23 tahun masing-masing 25 persen. (at)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar