Masyarakat Di Imbau Waspada Dampak Gelombang Rossby

KBRN-Kupang, Masyarakat NTT khususnya di wilayah Flores, Timor, Rote dan Sabu diimbau untuk mewaspadai dampak gelombang rossby ekuator yang menyebabkan pertumbuhan awan – awan hujan.

Kepala Stasiun Metereologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi membenarkan sebagian wilayah NTT diprediksi akan dilanda gelombang rossby ekuator yaitu fenomena alam yang terjadi pada lapisan atmosfer yang dapat mengindikasikan adanya potensi berkumpulnya awan hujan dengan skala yang lebih luas.

“ Yang berpotensi hujan ringan sampai lebat dengan petir dan angin kencang, berdurasi singkat yang disebabkan rossby, untuk tanggal 29 juni ini, hampir seluruh Manggarai, Ngada, Nagekeo, Ende, Flores Timur, Lembata, Alor, Kabupaten Kupang, Kupang, Rote, Sabu, Sumba juga merasakan dampaknya, “ jelas Agung Sudiono Abadi, Rabu,(29/6).

Kepala BPBD NTT Ambrosius Kodo yang dihubungi terpisah juga menyampaikan imbauan yang sama, agar masyarakat tidak panik tetapi meningkatkan kewaspadaan terutama yang bermukim di lereng bukit maupun sekitar daerah aliran sungai.

“ Kami imbau seluruh warga masyarakat di NTT, untuk waspada dengan cuaca yang cenderung buruk sebagaimana rilis BMKG ancaman gelombang rossby itu yang bisa meningkatkan curah hujan, “ kata Ambrosius.

Kepala BPBD NTT Ambrosius Kodo mengaku sudah berkoordinasi dengan semua jajaran BPBD di Kabupaten dan kota untuk melakukan langkah – langkah desiminasi bagi masyarakat di daerahnya masing – masing. (Simon/CA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar