Yayasan Bina Tani Sejahtra Kabupatan SBD Gelar Expo Sayuran Rainbow Garden Sesibu

KBRN,  Sumba : Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) merupakan salah satu lembaga mitra dari Yayasan William & Lily Foundation (WLF). Kemitraan yang dibangun melalui program Peningkatan Mata Pencaharian Pertanian dengan Pendekatan Terpadu di Kabupaten Sumba Barat Daya, Telah melakukan kegiatan expo sayuran “Rainbow Garden Sesibu” pada hari Selasa tanggal 28-29 Juni 2022.

 Koordinator Yayasan Bina Tani Sejahtera Junike Susan Medah ketika ditemui RRI Selasa 28 Juni 2022 mengatakan, kegiatan Expo sayuran ini dilakukan untuk memotivasi para petani sekaligus sebagai upaya penyebaran pengetahuan serta keterampilan budidaya sayuran.

Pengembangan program pemberdayaan petani ini seperti budidaya sayuran di kelompok tani Seminari Sinar Buana (Sesibu), yang dipilih oleh Yayasan Bina Tani Sejahtera sebagai penyelenggara kegiataj Expo, dikarenakan kelompok tami Sesibu berhasil dalam pengembangan tanaman Hortikultura jenis Sayur - sayuran seperti Tomat,  Trong,  Cabe,  Pria, Labu Manis.

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayuran ini merupakan hasil dari pendampingan yang telah dilakukan oleh Yayasan Bina Tani Sejhtra (YTBS) yang berelaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Melalui Dinas Pertanian.

Kegiatan Expo ini diharapkan dapat memberi dampak yang signifikan bagi para petani di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Lebih lannjut Junike mengatakan,  Beberapa pertimbangan lainnya penyelenggaraan kegiatan Expo di kelompok sisibu ini, dikarenakan Hasil yang suda dicapai di kelompok tani Sesibu ini dapat memberi dampak bagi para petani lainnya.

“Melalui pembelajaran pada demplot di setiap kelompok dampingan, YBTS telah melakukan transfer ilmu dan teknologi mengenai usaha budidaya sayuran yang diintegrasi melalui upaya konservasi tanah dan air, kegiatan Expo ini bertujuan untuk memotivasi kelompok tani agar mampu meningkatkan kepercayaan diri untuk melakukan usaha penanaman sayuran secara maksimal  serta dapat merasakan manfaat karena melihat pertumbuhan dan perkembangan tanaman dari praktek yang sudah mereka lakukan selama ini,” jelas Junike Susan Medah, Project Coordinator Agriculture Livelihood Project.

Kelompok Sesibu yang beranggotakan 21 orang telah berkomitmen untuk mempersiapkan lokasi seluas 3500 m2 dan melakukan penanaman sembilan jenis tanaman, beberapa diantaranya cabai rawit, tomat, terong, kol, sayuran daun, paria, labu madu, dan bunga. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan “Rainbow Garden Sesibu” karena beragamnya sayuran yang ditanam, selain itu warga seminari juga berasal dari berbagai suku dan budaya namun tetap bersatu dalam pertanian.

Kegiatan Expo yang dilaksanakan selama 2 hari ini terdiri atas rangkaian kegiatan yang terdiri atas kegiatan panen bersama, klinik benih, stand lembaga keuangan, serta lomba olahan pangan bergizi.

“Kegiatan Expo merupakan waktu yang tepat sebagai ajang pembuktian kepada masyarakat bahwa sayuran merupakan mata pencaharian yang sangat berpotensi dalam perekonomian masyarakat sekaligus bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mensejahterakan keluarga melalui pemanfaatan potensi yang dimiliki,” lanjut Junike.

Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) didirikan untuk berkiprah di bidang sosial dan kemanusiaan, khususnya terkait dengan penghidupan dalam sektor pertanian sayuran untuk mendukung petani dalam menerapkan praktek pertanian yang baik (good agricultural practices) melalui transfer ilmu pengetahuan.

Kegiatan Expo ini didukung penuh oleh yayasan William & Lily Foundation yang merupakan lembaga filantropi yang berperan aktif sebagai lembaga pemberi hibah (grant making) untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan pendukung. (jl/at).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar