10 Hektar Lahan di Lereng Gunung Kelud Terbakar, Diduga Akibat Puntung Rokok

Kediri (Jatimsmart.id) - Kebakaran melanda kawasan hutan dan lahan di Lereng Gunung Kelud, Kabupaten Kediri. Tepatnya, berada di Petak 148-1 Ha RPH Besowo, atau masuk dalam LMDH Tani Makmur Desa Trisulo Kecamatan Plosoklaten.

Melalui data Periodik Pusdatin Ops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, luas lahan yang terbakar sekitar 10 Hektar dengan kerugian Rp. 1,5 juta. 

Selain cuaca panas, titik api yang muncul sejak, Jumat, 4 Oktober 2019 kemarin ini, diduga berasal dari puntung rokok milik orang yang tidak bertanggung jawab. 

Hari ini, puluhan petugas dan relawan dari Pokja LMDH Rimba Lestari wilayah HPD Tani Makmur, staf RPH Besowo, RPH Pandantoyo, RPH Manggis,  personil BPBD Kabupaten Kediri, Polmob, dipandu KPH Kediri telah berhasil memadamkan api yang membakar rumput ilalang tersebut. 

"Saat ini api sudah padam," kata Randy Agatha, Plt Kalaks BPBD Kabupaten Kediri. Tim pemadaman sempat kesulitan karena lokasi yang cukup curam.

Lebih lanjut, menurut Randy pihaknya masih akan terus melakukan pemantauan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi munculnya kembali titik api.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00