BPBD Serang Rutin Lakukan Simulasi Kebakaran

KBRN, Banten: Satuan Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan simulasi vertical rescue pada gedung bertingkat di Hotel Marbella, Serang, Banten. Vertical rescue merupakan sebuah metode penyelamatan yang dilakukan pada medan vertikal untuk memindahkan korban bencana ke tempat yang lebih aman untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Serang, Maftuhi, mengatakan bahwa dimulai vertical rescue rutin dilakukan guna melatih kesiapan dan penguatan personel dalam menyelamatkan korban terutama bencana kebakaran yang terjebak di dalam gedung bertingkat.

"Simulasi ini adalah penguatan kapasitas sebagai anggota damkar untuk memberikan pertolongan. Tim rescue ini memberikan pertolongan kepada masyarakat di suatu kawasan maupun bangunan gedung untuk melakukan tindakan tindakan penyelamatan terhadap korban yang dalam ancaman kebakaran. Sehingga kami harus memberikan peningkatan kapasitas yaitu dengan penguatan kepada teman teman anggota damkar untuk memberikan pelayanan masyarakat dalam hal kebakaran dalam penyelamatan harta dan jiwa masyarakat kita", jelas Maftuhi.

Maftuhi menambahkan, giat simulasi penyelamatan korban rutin dilakukan dengan intensitas satu Minggu dua kali. Pelatihan pada gedung bertingkat dilakukan secara bertahap, mulai dari tingkat tiga, tingkat delapan, bahkan akan selalu meningkat setinggi-tingginya untuk lebih melatih personel dalam penyelamatan korban yang terjebak di gedung bertingkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00