Ketua Pokmaswas Sukabumi Berharap, Pesisir Pantai Cibuaya Ditanami Cemara Laut

KBRN, Sukabumi: Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kabupaten Sukabumi, Sambas berharap di pesisir pantai cibuaya dapat ditanami cemara laut. 

Sambas menilai, cemara laut cocok hidup di tempat yang panas dekat pesisir laut, memiliki pertumbuhan yang baik, kuat dan tidak disukai oleh hewan sehingga daun dan batangnya akan tetap utuh. 

"Hewan kan gak mau makan kalo cemara laut mah, beda sama ketapang," ujar Sambas saat ditemui di kantor Pokmaswas Sukabumi (9/8/2019).

Dilansir dari website resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lahan pantai berpasir yang semula gersang dan tidak bermanfaat, jika ditanami cemara laut dapat meningkatkan produktivitas bagi keuntungan masyarakat. 

"Cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan," demikian temuan Ir. Beny Haryadi, M.Sc, peneliti Balai Penelitian Teknologi Kehutanan Pengelolaan DAS, Surakarta.

Menurutnya, pohon bakau (Mangrove) memiliki tempat tanam yang khusus, yakni di rawa-rawa. Selain pertumbuhannya yang kurang baik, Sambas kerap kali mendapati pohon bakau rentan dirusak, baik sengaja maupun tidak sengaja. Seperti diinjak oleh sapi atau akibat nelayan yang sedang menjala. 

Penanaman tanaman cemara laut adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen. teknik ini berhasil diterapkan di Kebumen, Jawa Tengah dengan partisipasi aktif Kelompok Tani Pasir Makmur mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan evaluasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00