Siaga Hadapi Bencana Alam, Warga Gedangan Minta Akses Jalur Evakuasi Diperbaiki

KBRN, Jawa Tengah: Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami BNPN 2019 Regional Jawa hari ke 18 mulai memasuki Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Senin (29/7/2019). Desa Gedangan menjadi salah satu desa yang diberikan sosialisasi dan penilaian ketangguhan desa.

Warga Desa Gedangan, Heriyanto mengaku warga desanya telah memiliki kesiapsiagaan yang tinggi dalam mengantisipasi bencana tsunami yang mungkin datang. Menurut Heriyanto warga desanya telah mencoba mempelajari bahaya tsunami sejak tragedi tsunami di Aceh dan di Pangandaran.

"Sudah lama warga sini mencoba memahami bencana alam, itu kan pernah tsunami Aceh dan Pangandaran, sejak saat itu," ucapnya.

Heriyanto menjelaskan desanya juga rutin melakukan pertemuan dan simulasi dengan BPBD dan Basarnas untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Bahkan di Desa Gedangan sudah berdiri 1 buah Early Warning System alat peringatan dini kala tsunami datang. 

"Kurang lebih 2 tahun (berdirinya EWS), dibangun BPBD," tuturnya.

Menurut Heriyanto yang juga Relawan Destana di Desa Gedangan dengan adanya pertemuan dan simulasi yang rutin, warganya pasti siap jika bencana datang.

"100 persen siap, soalnya kan orang sini orang dekat laut jadi kemungkinan tetap ada, apapun yang terjadi kita siap," imbuhnya.

Dari pantauan RRI di Desa Gedangan ini, rambu evakuasi telah terpasang. Namun Heriyanto berharap agar jalur evakuasi yang menuju ke kecamatan segera diperbaik karena telah rusak. Jika dilewati sekitar 4000 warga tentunya sangat membahayakan.

"Perlu pelebaran jalan, jalan ya ke arah Purworejo kan rusak yang Purwodadi itu rusak terus, kalau bisa diperlebar diperbaikilah, agar suatu saat kalo terjadi bencana tidak tabrak - tabrakan," harapnya.

Lanjut Heriyanto dari hasil simulasi yang pernah dilakukan, waktu yang dibutuhkan untuk evakuasi warga menuju tempat evakuasi sementara mencapai 15 menit. Heriyanto menyatakan, semakin sering diadakan, reaksi warga akan semakin cepat dalam melakukan proses evakuasi.

"Sekitar kurang lebih 15 menit (waktu evakuasi yang dibutuhkan," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00