Layaknya Pilkada, Pilkades 16 Desa di Buteng Terapkan Prokes Ketat

Pilkades Serentak Buton Tengah 2020 (Foto:IST)

KBRN, Baubau : Sebanyak 16 Desa di Kabupaten Buton Tangah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan siap menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Minggu (20/12/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Buton Tengah, Armin mengatakan segala persiapan oleh panitia ditingkat desa telah dimatangkan.

Pendistribusian surat panggilan telah disebarkan ke masing-masing wajib pilih, termasuk percetakan surat suara sudah rampung dan kini telah dikemas rapi dalam peti dan tersegel.

Armin mengatakan berdasarkan arahan Mendagri dan Bupati, jumlah TPS kini ditambah menjadi 32 dari yang sebelumnya hanya 16 TPS.

Armin merincikan, dari 49 calon Kepala Desa yang berkontestasi, Dua diantaranya adalah keterwakilan perempuan. Dari 49 Cakades itu 11 orang diantaranya merupakan petahana (incumbent) selebihnya adalah pendatang baru.

“Marilah kita jadikan pesta demokrasi ini menjadi menyenangkan, menyejukan, menjadi agenda yang menggembirakan. Jadi siapapun yang terpilih itu adalah yang terbaik,” jelas Armin saat berdialog bersama RRI, Jumat (18/12/2020).

Sementara itu terkait Protokol Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Buton Tengah, Kasman mengatakan telah dilakukan simulasi proses pencoblosan dalam situasi pandemic Covid-19. Agar tidak terjadi kepadatan, panitia membagi waktu pencoblosan berdasarkan Dusun. Selain itu bagi petugas pemungutan suara di Desa lebih dulu dilakukan rapid tes dan dipastikan tidak reaktif.

“Diatur tidak boleh datang bersamaan, system antre. Sebelum masuk wajib cuci tangan dari tempat yang sudah disiapkan, kemudian diperiksa suhu tubuhnya, bagi yang diatas normal disiapkan bilik tersendiri. Kemudian setelah itu melakukan pencoblosan, setelah selesai cuci tangan lagi, kemudian diimbau langsung pulang kerumah,” terang Kasman.

Lanjutnya, Dinkes akan menempatkan petugas kesehatan di tiap TPS dari sejumlah Puskesmas yang ada yang jumlahnya berdasarkan kebutuhan.

“Untuk mengawasi penerapan Prokes ini kita akan bersama-sama aparat kepolisian yang juga memantau jalannya Pilkades serentak,” imbuhnya.  

Adapun ke-16 Desa yang menyelenggarakan Pilkades masing-masing di Kecamatan Mawasangka Timur (Desa Lagili, Bonemarambe, Inulu, Dan Desa Lasori), Kecamatan Mawasangka (Desa Wasilomata II Dan Desa Dahiango). Kecamatan Talaga Raya (Desa Talaga Besar Dan Desa Talaga II). Kecamatan Sangia Wambulu (Desa Tolandona Matanaeo), Kecamatan Gu (Desa Wadiabero, Desa Rahia, Desa Wakeakea, Desa Waliko, Dan Desa Walando), Kecamatan Lakudo (Desa Mone) Dan Kecamatan Mawasangka Tengah (Desa Lanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00