KPU Busel Goes to School, Berikan Pemahaman Pemilu pada Pemilih Pemula

KPU Buton Selatan Goes to School (Foto:IST)
KPU Buton Selatan Goes to School (Foto:IST)
KPU Buton Selatan Goes to School (Foto:IST)

KBRN, Baubau : Untuk memberikan pemahaman kepemiluan kepada generasi muda, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar KPU Goes To School bertemakan Pentingnya Pemilih Pemula Dalam Proses Demokrasi.

Ketua KPU Buton Selatan, Ari Ashari menyebutkan kegiatan yang menyasar siswa Kelas 3 SMA/sederajat atau usia rata-rata 17-21 tahun itu dikarenakan pemilih pemula memiliki peran penting dalam proses demokrasi, khsusnya saat Pemilihan Umum (Pemilu).

Kegiatan ini juga kata Ari diselenggarakan oleh daerah-daerah yang tidak melaksanakan Pilkada di tahun 2020.

“Setiap ada penyelenggaraan pemilu, sekira 30 persen diisi oleh pemilih pemula. Ini jumlah yang tidak sedikit. Ini menjadi sasaran empuk (target) dari calon-calon. Disisi lain fakta di lapangan mereka masih awam dan pengetahuan mereka mengenai kepemiluan masih sedikit, disinilah peran KPU untuk mensosialisasikannya,” jelas Ari Ashari saat dikonfirmasi RRI, Selasa (20/10/2020).

Kepada pemilih pemula KPU juga menegaskan mereka merupakan masyarakat yang memiliki hak konstitusi yang sama yaitu bisa dipilih dan bisa memilih.

“Memberikan gambaran secara umum mengenai kepemiluan, syarat-syarat apa saja untuk menjadi pemilih, misalnya usia 17 tahun dan memiliki KTP-Elektronik. Dan ternyata banyak diantara mereka masih belum memiliki KTP,” imbuhnya.   

Sementara itu karena berada dimasa pandemi, dengan berkoordinasi bersama pihak sekolah, proses sosialisasi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, selain dilengkapi alat pelindung diri, peserta di tiap sekolah juga dibatasi 30 orang. Kegiatan inipun mendapat apresiasi dan respon positif dari pihak sekolah dan peserta.

“Hari ini merupakan hari kedua, kemarin kita di SMAN 1 Batauga, hari ini di Madrasah Aliyah Swasta di Bola, besok di SMAN 2 Batauga, selanjutnya  SMA di Bahari dan Lapandewa,” tandasnya.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00