Musda Golkar Baubau, Semua Kader Berpeluang Jadi Ketua

KBRN, Baubau: Posisi Ketua DPD II Partai Golkar Kota Baubau sebentar lagi akan berlalih atau masih tetap seperti sedia kala. Semua menunggu hasil Musyawarah Daerah(Musda) Partai Golkar Baubau yang akan digelar Selasa, 25 Agustus 2020 di Gedung Salsa. 

Panitia Musda Golkar Baubau pun memastikan sudah siap melaksanakan agenda pemilihan ketua partai berlambang pohon beringin ini untuk periode 2020 - 2025. Pasalnya, masa jabatan Zahari sebagai ketua DPD II Golkar Baubau yang sekarang, berakhir tahun ini. 

"Musda kita akan laksanakan tanggal 25 Agustus. Jadi, kemungkinan kita buka pendaftaran calon ketua selama tiga hari mulai tanggal 20 Agustus," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Musda DPD Golkar Baubau, Ardin Jufri, dikonfirmasi di kantor DPRD Baubau, Jum'at (14/8/2020). 

Menurut Ardin, semua kader berpeluang menjadi ketua. Tidak terkecuali, Zahari yang merupakan ketua Golkar Baubau saat ini. 

Memang secara aturan partai, dua periode menjabat sebagai ketua Golkar Baubau mewajibkan Zahari harus menanggalkan posisinya. 

Tetapi kata Ardin, seorang petahana dua periode bisa mendaftarkan diri lagi sebagai calon ketua asalkan mendapat diskresi(kebijakan) dari DPP Golkar. 

"Intinya untuk sekarang ini, kita sudah siap semua. Artinya, ada atau tidak ada diskresi untuk pak Ketua (Zahari, red), kita tetap akan laksanakan Musda pada tanggal 25 nanti,"ujar Ardin yang juga anggota DPRD Baubau ini. 

Dalam Musda tersebut, Ardin mengatakan, total ada 12 suara dukungan yang akan diperebutkan oleh para calon ketua. Rinciannya, delapan suara dari Koordinator Kecamatan (Korcam) Golkar se-Kota Baubau, dua suara dari organisasi sayap Golkar serta masing-masing satu suara dari DPD II Golkar Baubau dan DPD I Golkar Provinsi Sultra. 

"Untuk syarat pencalonan nanti kita umumkan sesuai penjadwalan. Yang jelas, semua kader berhak untuk mendaftar diri menjadi calon ketua," ujar Wakil Ketua DPD II Golkar Baubau ini.

Berebut ketua partai Gokar Baubau memang ‘seksi’. Partai ini mampu mendudukan kadernya sebagai ketua DPRD Baubau pada Pemilu 2019 sekaligus sebagai peraih kursi terbanyak. 

Dari total 25 kursi di DPRD Baubau, Partai Golkar mampu meraih empat kursi, masing-masing Zahari sebagai Ketua DPRD, Ardin Jufri, Rusdin, dan Farida Gimarudin sebagai anggota. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00