Momen Hari Lahir Pancasila, Elit di Kendari Ingatkan Persatuan Kesatuan Pemuda

KBRN, Kendari: Hari lahirnya pancasila yang diperingati setiap 1 juni 2021, merupakan momentum pengaktualisasi dasar negara Indonesia dalam makna bertoleransi serta membangun persatuan dan kebersamaan.

Untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa, dimomen hari lahirnya pancasila sangat penting peran pemuda dalam mengokohkan persatuan dan kesatuan dengan satu fisi yang termaktub dalam sila ketiga persatuan indonesia.

“Pemuda ini adalah mempunyai motifasi, olehnya itu pemuda juga tidak gampang terprovokasi dan diharapkan menanamkan jiwa nilai pancasila karena saat ini kita bisa lihat banyak generasi bangsa saat ini yang tidak memahami nilai luhur, sementara bangsa ini telah diatur dalam norma yang terkandung dalam nilai pancasila,”kata Andi Sulolipu Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Senin (31/5/2021).

Politisi dari partai gerindra itu juga berpendapat seluruh rakyat indonesia juga tida hanya memperingati hari lahir pancasila hanya dalam sebatas seremoni, tetapi juga mampu memahami dan mengaktualsasikan seluruh makna pancasila dalam lima sila yang ada.

Menyikapi hal itu, Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sulawesi Tenggara, Hidayatullah mengatakan, pancasila sebagai ideologi bangsa ini dan sudah final dan tidak bisa dinegosiasikan lagi dengan ideologi apapun.

“Oleh karena itu komitmen kepemudaan saya kira tidak ada lagi tawar menawar terhadap pancasila dan jangahn coba-coba meski hanya niat sekalipun untuk merongrong, merubah dan mengganti pancasila ini,”tegas mantan Komisioner KPU Sultra itu.

Hidayatullah juga minta kepada para pemuda di sulawesi tenggara khususnya dan di seluruh tanah air umumnya, agar kekompakan dalam persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga karena kemerdekaan bangsa juga tidak luput dari peran pemuda dalam memperjuangan kemerdekaan bangsa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00