Dipertan Baubau Buka Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban

KBRN, Baubau: Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dipertan) Kota Baubau membuka layanan pemeriksaan kesehatan hewan qurban secara gratis untuk mengantisipasi masuknya Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) jelang hari raya Idul Adha.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dipertan Baubau, drh. Jusriati mengatakan, meski saat ini kasus PMK di Baubau masih nihil, namun pihaknya tetap intens melakukan pemeriksaan.

Selain turun langsung ke lokasi peternakan kata Jusriati, pihaknya membuka layanan di Kantor Dipertan Baubau. Dengan layanan ini, masyarakat bisa meminta petugas Dipertan memeriksa kesehatan hewan ternak yang hendak dibeli untuk persiapan qurban.

“Kalau misalanya pembeli ingin diperiksakan hewannya untuk persiapan qurban bisa menghubungi kami dikantor Dipertan Baubau. Nanti kami akan bantu periksakan hewan qurbannya dan itu free alias gratis,”kata Jusriati ketika dikonfirmasi rri.co.id Rabu(29/6/2022).

Lebih lanjut Jusriati mengatakan, hewan ternak yang telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan bebas dari PMK akan diterbitkan surat kesehatan hewan dan dilabeli kalung merah pada leher hewan tersebut sebagai penanda bahwa telah diperiksa.

Pihaknya juga meminta masyarakat tidak perlu panik terhadap PMK, karena tidak menular ke manusia alias bukan kategori zoonosis.

Sebaliknya kata Jusriati, pihaknya sangat mewaspadai bila hewan terpapar penyakit seperti brucellosis dan antraks. Dua penyakit ini masuk kategori zoonosis atau bisa menular ke manusia. Meski begitu hewan ternak di Kota Baubau masih aman dari dua penyakit tersebut.

“Walapun kami di Kota Baubau masih bebas dari dua penyakit tersebut,  tapi kami tetap mewaspadai penyakit brucellosis dan antraks itu, karena ketika memakan dagingnya bisa menular ke manusia,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar