Ini Profil Singkat Wali Kota Baubau, AS Tamrin

KBRN, Baubau: Wali Kota Baubau, Abdul Sajid Tamrin meninggal dunia karena sakit  di rumah sakit Omni Pulomas Jakarta pada Kamis, 13 Januari 2022 sekitar pukul 16.30 WIB. Berita duka cita ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau, La Ode Darussalam. 

Sebelum tutup usia, almarhum Abdul Sajid Tamrin sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit Omni Pulomas Jakarta kurang lebih satu bulan. 

Wafatnya Abdul Sajid Tamrin membawa duka mendalam bagi masyarakat Kota Baubau. Sebab semasa hidupnya, Abdul Sajid Tamrin dikenal sebagai sosok yang baik dan ramah kepada semua orang. 

Berdasarkan data yang terima RRI dari Dinas Kominfo Baubau, Abdul Sajid Tamrin atau yang akrab disapa AS Tamrin lahir di Buton, 20 November tahun 1952. 

AS Tamrin memiliki istri bernama Sartini yang dikaruniai tiga buah hati yakni Eko Pronajaya, Dwi Agrina Wulansari, dan Syahrin Adiguna. 

Wali Kota AS Tamrin menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Kota Baubau. Kemudian, melanjutkan pendidikan  Agraria di Semarang dan Institut Ilmu Pemerintahan di Jakarta. 

Dirinya menuntaskan pendidikan program magister ilmu hukum di Universitas Jambi tahun 2009 dan program doktor ilmu pemerintahan di IPDN tahun 2016.

Karir AS Tamrin dimulai pertama kali menjadi PNS di Badan Pertanahan Nasional(BPN) Kabupaten Buton dari golongan II b. Karirnya terus melejit hingga menduduki beberapa jabatan strategis di BPN antara lain menjadi kepala BPN Kabupaten Buton, Kakanwil BPN Sulawesi Tenggara, Kakanwil BPN Provinsi Jambi, Kakanwil BPN Sulawesi Selatan.

Kemudian menjadi Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan BPN RI di Jakarta dan menjadi Inspektur Wilayah I BPN RI. 

AS Tamrin juga aktif dalam organisasi antara lain menjadi Ketua Umum Percasi Baubau periode 2001-2004. Ketua Harian Pengda Forki Sulawesi Tenggara 2003-2007. Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Agraria 2007-2010. Ketua Umum Pengurus Percasi Sultra 2012-sekarang. Ketua DPD PAN Baubau 2012-2017 dan 2016-2021 serta sekretaris DPW PAN 2021-sekarang.

Setelah pensiun dari PNS 1 November 2011, AS Tamrin kemudian memulai karir politiknya. Ia mencalonkan diri sebagai Wali Kota Baubau didampingi Wa Ode Maasra Manarfa sebagai Wakilnya dan terpilih untuk periode 2013-2018. Ia kemudian kembali terpilih menjadi Wali Kota Baubau periode 2018-2023 bersama La Ode Ahmad Monianse sebagai wakilnya. 

Menjadi Wali Kota Baubau, AS Tamrin memiliki visi membangun Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya.

Selama dua periode menjabat, ia sudah banyak bekerja demi menuntaskan visi misi tersebut dan diganjar banyak penghargaan dari Pemerintah Pusat. 

Di kepemimpinannya pula, RRI berdiri di Kota Baubau tahun 2015 silam. Ia juga menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor RRI tahun 2018 lalu dan telah memberikan pernyataan dukungan untuk peningkatan status RRI Baubau dari studio penyiaran menjadi stasiun penyiaran. 

Wali Kota Baubau, AS Tamrin terus menanamkan nilai-nilai moral peninggalan leluhur yang ia sebut dengan PO-5 baik di pemerintahan maupun kepada masyarakat. Ia juga membukukan PO-5 dengan judul "PO-5 Dalam Perspektif Pendidikan" untuk para generasi muda. 

Selamat  jalan Wali Kota Baubau, Abdul Sajid Tamrin. Semoga Husnul Khotimah. Amin Ya Rabbal Alamin. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar