Cuaca Buruk, KM Putra Samudera 01 Nyaris Karam

KBRN, Kendari: KM Putra Samudera 01 salah satu kapal penumpang rute Kendari Sultra - Kaleroang Bungku Sulteng, dihantam ombak akibat gelombang tinggi hingga kemasukan air di sekitar perairan tanjung toronipa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, Selasa (7/12/2021).

Akibatnya, kapal yang ditumpangi 9 orang tujuan kendari itu nyaris karam karena kondisi lambung kapal dalam posisi miring.

Atas kejadian itu, Tim Rescue Basarnas Kendari setelah menerima laporan dari Haeruddin dari Kantor Syahbandar Kendari langsung diturunkan ke Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dan sekitar pukul 17.20 Wita menemukan Kapal KM Putra Samudera 01. 

"Sekitar 1,5 NM (Nautical Mile / Mil Laut) arah barat daya dari perkiraan LKK selanjutnya 6 Orang POB (Person On Board) di evakuasi dengan menggunakan Speedboat milik masyarakat menuju pantai toronipa dan 3 Org POB dievakuasi dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) menuju Dermaga Utama Basarnas Kendari," kata Aris Sofingi Ka Basarnas Kendari.

Dari 9 penumpang yang di evakuasi itu lanjutnya semua dalam keadaan selamat dan 3 diantara penumpang telah diserahkan ke keluarganya.

"Total keseluruhan POB 9 Orang, semuanya dalam keadaan selamat. Pada pukul 18.20 wita Tim Rescue KPP Kendari tiba didermaga utama basarnas kendari bersama 3 Org POB KM Putra Samudera dan diserahkan kpd pihak keluarga. 

Ditemukan kapal tersebut beserta seluruh POB nya, Operasi SAR terhadap KM Putra Samudera 01 yg nyaris karam akibat  cuaca buruk  disekitar perairan tanjung toronipa Kabupaten Konawe dinyatakan selesai dan ditutup dan pada pukul 19.00 Wita, seluruh unsur yg terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Data POB KM Putra Samudera 01:1. Kubais (47) Nakhoda2. Sangkala (59) ABK3. Jarwah (49) ABK4. Fina (23) Penumpang5. Naeda (55) Penumpang6. Saifuddin (33) Penumpang7. Arifin (47) Penumpang8. Wa Saima (45) Penumpang 9. Anggi (21) Penumpang

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar