Tiga Putra Daerah Lolos Akmil 2021, Gubernur Sultra: Sejarah Terulang

KBRN, Kendari: Setelah melalui proses yang panjang dan penuh tantangan dalam tahapan seleksi Calon Taruna (Catar) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk menjadi perwira pertama di kemiliteran, tiga putra daerah asal Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan Akademi Militer (Akmil) 2021.

Ketiga calon taruna dinyatakan lolos dalam sidang Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) yakni Rizqan Ardha Nurwandy cucu dari sala seorang Guru Besar dan pendiri Universitas Halu Oleo Kendari, (Alm.) Prof. Drs. H. La Ode Sirajuddin Djarudju dan putra (Alm.) AKBP. Andy Nurwandy, SIK.

La Ode Chairil Maruf putra Pelda La Ode Himaarif, Bintara Tinggi (Bati) di Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 14.04.03 Komando Rayon Militer (Korem), Sultra. Muhammad Daffa Gama Putra putra Muhammad Yusup yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Prov Sultra.

"ini merupakan sejarah seperti berulang ketika kala itu di era Gubernur Sultra (Alm.) Ir. H. Alala, tahun 1988, tiga putra terbaik warga Sulawesi Tenggara juga terpilih menjadi taruna Akmil 1988. Sala-satunya kini menjabat sebagai Danrem (Komandan Komando Resort Militer 143/Halu Oleo),  Brigadir Jenderal TNI. Jannie Aldrin Siahaan, SE., MBA," kata Ali Mazi Gubernur Sultra di Kendari, Senin (2/8/2021). 

Dalam sidang Pantukhir diumumkan yang lulus sebanyak 779 orang. Dari jumlah tersebut, 449 orang calon taruna Akademi Militer – TNI-AD, 190 orang calon taruna Akademi Angkatan Laut – TNI-AL, dan 140 orang calon taruna Akademi Angkatan Udara – TNI-AU. 

Ketiga calon taruna dari Sultra tersebut akan mengikuti pendidikan di Akmil TNI-AD di Lembah Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika tak ada aral melintang, ketiganya akan menjalani pendidikan sebagai perwira TNI-AD dan Sekolah Perwira Prajurit Karir TNI (Sepa PK TNI) selama empat tahun ke depan pada lembaga yang dipimpin Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya tersebut.

Jika ketiga menjalani masa akademik dengan baik dan lancar, maka ketiganya akan lulus sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.Tr.Han) berpangkat Letnan Dua. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00