Dispora Baubau Tuntas Gelar Kejuaraan Takraw Persiapan PPLDP dan POPNAS

KBRN, Baubau : Dinas Pemuda dan Olahraga(Dispora) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara(Sultra) tuntas menggelar kejuaran sepak takraw tingkat pelajar SMP dan SMA se-Kota Baubau yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri(MAN) 1 Baubau, Sabtu(27/2/2021) sore.

Kejuaraan ini untuk mencari bibit pelajar SMP yang dipersiapkan masuk dalam pusat pembinaan dan latihan pelajar daerah(PPLPD) Kota Baubau yang akan dibentuk Dispora tahun ini. Sedangkan tingkat SMA, untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasiona(POPNAS). 

Kepala Bidang Olahraga Dispora Baubau, Maaruji mengungkapkan  dari kejuaraan tersebut, setidaknya ada lima pelajar SMP terdiri dua perempuan dan tiga laki-laki dianggap layak masuk dalam PPLPD.

Sedangkan tingkat SMA kata dia, juara pertama putra diraih pelajar SMA Negeri 4 Baubau. Dari tim tersebut, dua orang diantaranya dianggap layak mengikuti seleksi tingkat Provinsi di Kendari pada Maret mendatang, untuk mewakili Sultra pada Pekan Olahraga Pelajar Nasiona(POPNAS) yang akan berlansung di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung tahun ini.

“Jadi kami sudah dapat dua pelajar dari hasil kejuaraan ini yang menurut kami itu layak mengadapi seleksi POPDA ke POPNAS nanti. Keduanya itu posisinya dalam tim yakni Apit kiri dan Tekong. Tapi tidak menutup kemungkinan yang satunya itu kita coba lagi, karena jangan sampai dalam jangka satu bulan ini bisa ada perubahan,”ungkap Maaruji.

Dirinya mengatakan, dua atlet pelajar yang dinilai layak itu juga berdasarkan hasil penilaian atlet takraw Nasional asal Baubau Husni Uba. Atlet peraih medali emas pada Asian Games 2018 ini digandeng Dispora Baubau melakukan pemantauan selama kejuaraan tersebut berlansung.

Menurut Husni Uba, kejuaraan yang digelar Dispora Baubau merupakan langkah tepat mencari bibit-bibit atlet baru untuk mengharumkan nama Kota Baubau dikancah Nasional kedepan.

“Karena tanpa event seperti ini, bakat pelajar tidak kelihatan terutama nanti regenerasi kedepannya untuk Kota Baubau. Artinya sekarang memang kita sudah punya tiga orang regenerasi di Sekolah Keberbakatan Olahraga(SKO) yang akan diuji tanding dengan hasi juara disini supaya regenarasi itu bisa bertambah,”ungkapnya.

Kepada generasi pelanjutnya Husni mengatakan untuk menjadi seorang atlet takraw handal harus punya keinginan kuat, disiplin, dan sering berlatih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00