KONI Sultra Apresiasi Perjuangan 14 Cabor di PON Papua

Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sulawesi Tenggara Tahir Kimi, bersama Atlet Dayung TBR (Perahu Naga) di Arena Dayung Teluk Youtefa kota Jayapura, Papua.
Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sulawesi Tenggara Tahir Kimi, bersama Atlet dan pelatih Dayung Sultra di Arena Dayung Teluk Youtefa kota Jayapura, Papua.

KBRN,Kendari: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi perjuangan 14 Cabang Olahraga (Cabor) yang telah mengikuti PON XX Papua berlangsung sejak September hingga 15 Oktober 2021.

“Alhamdulillah, seluruh management PON Sultra di Papua sudah bekerja maksimal, baik KONI, Pelatih, Manager, maupun Official  terkhusus dan terhormat para atlet yang sudah berjuang untuk daerah,” ungkap Sekretaris Umum (Sekum) KONI Sultra, Tahir Kimi, atas nama Plt. Ketum KONI Sultra, Senin (18/10/2021).

Tahir menjelaskan, meski di PON Papua Sultra berada di posisi ke-20 dari 34 provinsi yang mengikuti PON, namun Sultra sudah mampu memperbaiki peringkat dari PON XIX Jawa Barat (Jabar) berada di peringkat ke- 24. 

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras kita semua dalam sistem di PON XX Papua. Mari kita tingkatkan pembinaan Olahraga di Sultra dengan hati yang tulus dan ihlas mengevaluasi yang kurang dan memantapkan yang sudah baik,” ujar Tahir, yang juga anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di bidang Pariwisata, Kesra, Pemuda dan Olahraga.

Untuk kedepan, Tahir Kimi juga meminta seluruh insan olahraga agar saling memperkuat dalam setiap program pembinaan cabor di sultra.

“Mari kita ayomi dan menjaga atlet berprestasi agar semakin mencintai daerahnya ditengah persaingan SDM olahraga di setiap daerah. Alhamdulillah bapak Gubernur H. Ali Mazi, telah menyiapkan alokasi anggaran bonus atlit di APBD-P 2021. ini memberi bukti bahwa pemerintah daerah senantiasa hadir bersama kita semua insan olahraga,” imbuhnya.

Hingga akhir pelaksanaan PON XX Papua, Sultra berada di posisi 20 besar dengan merebut 5 medali emas, 5 Perak dan 5 medali Perunggu. Sementara pada level Exebisi cabor E-Sport, Triathlon dan nomor Hop Sepak Takraw, Sultra meraih 1 medali Emas dan 2 medali Perak.

Dari 14 cabor yang turun di arena PON XX Papua, tercatat hanya 4 Cabor yang berhasil mempersembahkan medali, yakni :

1.    Dayung dengan 5 Medali Emas, 4 Perak dan 3 Medali Perunggu. 

2.    Softball Putri, 1 Medali Perak

3.    Sepak Takraw, 1 Medali Perunggu

4.    Pencak Silat, 1 Medali Perunggu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00