Teluk Youtefa Jayapura, Arena Dayung Bertaraf Internasional di PON XX Papua

Teluk Youtefa Kota Jayapura, Lokasi Arena Lomba Dayung PON XX Papua 2021 (Gafar)

KRBN,Kendari: Sebanyak 520 atlet dari 22 provinsi di tanah air, dipastikan turun mengikuti lomba cabang olahraga dayung pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang mulai berlangsung 27 September hingga 13 Oktober 2021 di  Teluk Youtefa kota Jayapura.

“Saya berharap, pelaksanaan PON XX Papua ini, berjalan sukses dan lancar, apalagi arena lomba yang telah disiapkan, seluruhnya dinyatakan rampung untuk menggelar multi event Nasional pertama kalinya berlangsung di bumi cendrawasih,” ungkap Brata Tryana Hardjosubroto wakil Sekjen PB PODSI saat ditemui di Teluk Youtefa kota Jayapura, Kamis (23/9/2021).

Brata Tryana menjelaskan, atlet-atlet dayung yang bakal turun di arena bertaraf internasional itu, merupakan hasil seleksi di babak kualifikasi Kejurnas Cipule Jawa Barat, Desember 2019 lalu.

“Namun tiga provinsi yang lolos mengikut PON Papua menyatakan mundur untuk turun arena, karena pertimbangan keterbatasan anggaran dan tidak memiliki target medali yakni Jogyakarta, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara,” ujarnya. 

Sementara itu, pelatih kepala Tim Dayung Sulawesi Tenggara (Sultra) Juli Wahyuddin menilai, arena lomba dayung di teluk Youtefa, sangat siap digunakan untuk PON XX.

“Arena ini bertaraf internasional dan atlet-atlet kami sudah melakukan adaptasi dan pengenalan lintasan. Yang jelas, kami siap turun mempersembahkan yang terbaik buat daerah. Kami mohon doa seluruh masyarakat di Sultra,” kata Juli Wahyuddin.

Pada PON kali ini, Cabang olahraga dayung memperebutkan 40 medali emas, masing-masing untuk disiplin Canoeing 16 medali emas, menyusul disiplin rowing 15 medali emas dan di babak terakhir disiplin TBR (Traditional Boat Race) atau dayung tradisional perahu naga memperebutkan 9 medali emas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00