Tim Softball Sultra Belum Beruntung Hadapi Lampung di Laga Perdana PON Papua

Pelatih Tim Softball Putra Sulawesi Tenggara Apolonia Rosales memberikan arahan kepada atletnya saat tertinggal 3-11 di Lapangan Softball Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua (Gafar)
Tim Softball Putra Sulawesi Tenggara saat melawan Tim Softball Lampung dengan skor 3-11 di Lapangan Softball Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua (Gafar)

KBRN,Kendari: Laga perdana cabang olahraga softball di arena PON XX Papua, tim putra Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai peraih medali emas di PON XIX Jawa Barat 2016 lalu, belum beruntung menghadapi tim provinsi Lampung.

Tim Softball Lampung yang juga peraih medali emas saat pra PON 2019, berhasil menaklukkan tim Softball putra sultra dengan skor 11-3.

“Kami akan jadikan evaluasi atas kekalahan hari ini di laga perdana untuk bertanding pada empat game berikutnya,” ungkap Syaiful Nurdin, Koordinator pelatih Softball Sultra, di Lapangan Softball Universitas Cendrawasih (Uncen) kota Jayapura, Papua, Rabu (22/9/2021).

Menurut Syaiful Nurdin, factor grogi dan kondisi cuaca yang sedikit panas di arena Softball, juga menjadi factor non teknis, sehingga kalah telak menghadapi tim Lampung.

“Memang di laga perdana, anak-anak pasti grogi, apalagi belum terbiasa dengan lapangan yang kondisinya juga sangat panas, tapi kami masih ada peluang untuk berusaha memenangkan pertandingan berikutnya,” ujar Syaiful. 

Sementara itu, palatih kepala Tim Softball provinsi Lampung Yoly Maristo mengapresiasi kemampuan atletnya sehingga mampu mengatasi permainan tim Softball Sultra.

“Alhamdulillah, anak-anak sudah bisa mengatasi groginya, karena bermain pagi hari itu luar biasa tantanganya, apalagi dalam kondisi cuaca panas,” kata  Yoly Maristo. 

Meski mereka sempat tertinggal di babak awal dengan skor 3-1 untuk tim Sultra, namun Tim Putra Lampung terus berusaha menggunakan teknik dan taktik bermain sehingga bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik. 

Cabang olahraga Softball Putra, diikuti tujuh provinsi yakni Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Banten, Sultra, Lampung dan Kalimantan Timur namun mengundurkan diri.

Dicabang olah raga ini, akan memperebutkan 3 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu, termasuk cabang Baseball dan Softball Putri.

Sistem pertandingan dicabang cabang olahraga Softball, pada babak pendahuluan menggunakan setengah kompetisi, dilanjutkan Babak 4 Besar dan terakhir Grand final. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00