Jelang Idul Adha, Jumlah Penumpang Pelni di Pelabuhan Baubau Masih Normal

Kepala Cabang PT. Pelni Baubau, Juni Samsudin Sitorus

KBRN, Baubau: Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, jumlah penumpang yang turun di pelabuhan Murhum Kota Baubau menggunakan kapal milik PT. Pelni masih tergolong stabil dari sejak masa libur Hari Raya Idul Fitri.

Kepal Cabang PT. Pelni Baubau, Juni Samsudin Sitorus mengungkapkan saat ini rata-rata jumlah penumpang turun di Pelabuhan Baubau kurang lebih mencapai 1.000 orang terutama dari arah timur Indonesia.

"Contohnya sebentar ini KM. Dorolonda dari Makassar tujuan Namlea dan seterusnya, penumpang yang turun itu sekitar 1.300 orang. Jadi untuk pelabuhan Murhum Baubau ini, kelihatannya masih stabil (jumlah penumpangnya) dari Hari Raya Idul Fitri sampai dengan mendekati hari Raya Idul Adha,"ungkap Juni Samsudin Sitorus, Senin(4/7/2022).

Sementara itu kata Juni, untuk jumlah penumpang naik dari pelabuhan Baubau cenderung menurun. Berkisar 700-an penumpang, dari biasanya rata-rata 1.000 orang.

Pihaknya memprediksi, peningkatan jumlah penumpang akan terjadi pada H-3 lebaran Idul Adha. 

Ia juga menambahkan, untuk syarat perjalanan sampai saat ini belum ada perubahan yakni bagi penumpang yang sudah vaksinasi dosis kedua dan booster tak perlu lagi melakukan tes PCR maupun tes antigen.

Namun, bagi penumpang yang baru divaksin dosis satu tetap wajib menunjukkan hasil negatif antigen atau PCR sebagai syarat perjalanan. Kemudian, untuk anak-anak dibawah usia 6 tahun harus dibawah pengawasan orang tua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar