Kanwil Kemenag Sultra Gelar Bimbingan Masyarakat Katolik

KBRN, Kendari: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Bimbingan Masyarakat Katolik menggelar kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama bagi Ormas Katolik se Sultra, Rabu (29/6/2022) 

Hadir dalam kegiatan, Pembimas Katolik, Leonardus Latu, Pastor Vikep Sultra,  RD. Pit Majina La Odji dan Pastor RD. Tursisius Yandri

Kakanwil Kemenag Sultra diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, H. Muhammad Basri dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan organisasi keagamaan termasuk Ormas Keagamaan Katolik mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan kedamaian dan keharmonisan ditengah-tengah masyarakat yang beragam. 

"Kemajemukan suku bangsa, ras dan agama di Indonesia membuat bangsa ini menjadi bangsa yang sangat besar dan kemajemukan ini perlu dikelola dengan baik, disinilah pentingnya penguatan moderasi beragama, " terangnya. 

Ia menjelaskan, penguatan moderasi beragama merupakan program prioritas Gus Menteri Agama dalam memupuk toleransi umat beragama di Indonesia baik toleransi antar intern umat beragama, toleransi antar umat beragama maupun toleransi antar umat beragama dengan pemerintah. 

Dikatakan pula, Kanwil Kemenag Sultra telah melatih pelopor penguatan moderasi beragama melalui diklat penggerak, pelopor dan juga melalui sosialisasi kepada seluruh ASN dan mitra Kemenag Sultra. 

"Ormas Katolik adalah bagian dari mitra kerja Kanwil Kemenag Sultra dalam menciptakan kedamaian dan keharmonisan maka perlu adanya penguatan moderasi beragama untuk menjadi pelopor pada jajarannya dalam penguatan moderasi beragama di Sultra, " ungkapnya. 

"Untuk tetap hidup dalam bingkai kedamaian dan keharmonisan maka mari kita tetap mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama yaitu saling memahami, menghormati, saling menghargai dan mencintai walaupun berbeda agama, suku, budaya dan bahasa untuk mewujudkan Indonesia maju sejahtera," pungkasnya. 

Sebelumnya, Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sultra melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 20 orang perwakilan ormas Katolik se Sultra. 

"Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan ormas Katolik dan umat dalam tugas pelayanan serta meningkatkan kerukunan intern umat beragama Katolik di Sulawesi Tenggara, " tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar