Tahun Ini, Ribuan Hektare Lahan di Butur Ditanami Jagung Kuning

KBRN, Baubau: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) dibawah kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati, Ridwan Zakariah-Ahali sedang menggalakkan penanaman jagung kuning sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu. 

Selaku instansi terkait, Dinas Pertanian (Distan) Butur telah melakukan pendataan lahan yang bakal ditanami jagung kuning kurang lebih seluas 2.000 hektare. 

Salah seorang pegawai Distan Butur, Harlis mengungkapkan penanaman jagung kuning akan dimulai September 2022 ini. 

"Sekarang kita Dinas Pertanian Butur sedang menggalakkan jagung kuning untuk musim tanam September, Desember dan Januari. Ini sudah menjadi program Bupati untuk meningkatkan taraf hidup petani karena kita melihat perbandingan di Kabupaten Bone dan Soppeng, mereka maju karena salah satunya dengan jagung kuning ini,"tutur Harlis kepada rri.co.id Kamis (26/5/2022). 

Harlis mengatakan, bibit jagung kuning tersebut akan ditanam disemua kecamatan di Butur. Dari enam kecamatan yang ada, area penanaman terluas berada di Kecamatan Kambowa. 

Pihaknya meyakini, tanaman jagung kuning akan membuahkan hasil melimpah bagi petani, karena penanamannya lebih mudah ketimbang padi ladang yang sebelumnya dikembangkan. 

"Kalau padi (ladang) ini susah dia, kecuali lahanya buka pertama dan harus humusnya masih banyak. Tapi kalau jagung kuning tidak pilih tanah yang penting ditunjang dengan pupuk,"katanya. 

Harlis juga menambahkan, petani tidak perlu khawatir dengan pemasaran jagung kuning, karena Pemkab Butur telah siap memfasilitasi pemasarannya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar