Arus Balik Penumpang Pelni di Baubau Diprediksi Sampai Akhir Mei

KBRN, Baubau: Meski posko angkutan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 di Pelabuhan Murhum Baubau akan ditutup pada 18 Mei, namun arus balik penumpang menggunakan kapal milik  PT. Pelni diprediksi masih melonjak hingga akhir Mei ini. 

"Penumpang arus balik ini masih akan terus berlanjut. Estimasi kita sampai satu bulan sejak hari H Lebaran,"ungkap Manager Operasional dan Pelayanan PT Pelni Cabang Baubau, Yulianto saat dikonfirmasi rri.co.id Senin(16/5/2022). 

Memang kata Yulianto, proses arus balik di Pelabuhan Baubau berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya selalu lebih lama ketimbang daerah lainnya di Indonesia yang hanya butuh waktu sepekan atau 10 hari. 

Ia mengungkapkan, hal itu lantaran jumlah penumpang arus balik di Pelabuhan Baubau yang menggunakan kapal Pelni lebih banyak ketimbang penumpang mudik sehingga proses arus balik lebih lama. 

Adanya perbedaan jumlah penumpang balik dengan mudik itu menurut Yulianto, karena pemudik yang pulang kampung biasanya mengajak sanak keluarganya saat balik ke daerah perantauannya untuk bekerja. 

"Jadi rata-rata penduduk di Kepulauan Buton ini yang sudah berhasil di daerah perantauannya, saat kembali lagi kesana, dia mengajak pula saudara-saudaranya, makanya jumlah penumpang itu bertambah, sehingga estimasi arus balik bisa satu bulan,"pungkas Yulianto. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar