H+15, 3.700 Lebih Penumpang Tinggalkan Pelabuhan Baubau

KBRN, Baubau: Jumlah penumpang arus balik di pelabuhan Murhum Kota Baubau menggunakan kapal milik PT. Pelni masih terus melonjak. 

Berdasarkan data PT Pelni Cabang Baubau,ada sebanyak 3.700 lebih penumpang akan berangkat dari pelabuhan Murhum pada H+15 atau Selasa, 17 Mei 2022.

Manager Operasional dan Pelayanan PT Pelni Cabang Baubau, Yulianto mengungkapkan, jumlah penumpang tersebut akan berangkat menumpangi tiga kapal yaitu KM. Dobonsolo, KM. Gunung Dempo dan KM. Lambelu. 

"Dari data tadi pagi, untuk KM. Dobonsolo (jumlah penumpang naik-red) 958 orang, KM. Gunung Dempo 1.103 orang dan KM. Lambelu 1.705 orang,"ungkap Yulianto kepada rri.co.id, Senin(16/5/2022). 

Ia mengatakan, KM. Dobonsolo dan KM. Gunung Dempo akan berangkat dari pelabuhan Baubau menuju wilayah timur. Sedangkan KM. Lambelu berangkat menuju wilayah utara. 

Yulianto mengatakan, peningkatan jumlah penumpang naik ini sudah terjadi sejak dua hari terakhir. Dimana, rata-rata penumpang naik mencapai 1.000 orang lebih tiap kapal. 

Bahkan sebenarnya menurutnya, jumlah penumpang naik bisa mencapai 3.000 orang tiap kapal. Hanya saja pemerintah membatasi jumlah kapasitas penumpang diatas kapal. 

"Kalau tidak dibatasi sama pemerintah, jumlah penumpang naik ini bisa 3.000 sampai 4.000 orang tiap kapal. Tapi kan kita juga melihat unsur keselamatan,"ujarnya.

Meski begitu, Yulianto mengaku dalam beberapa hari terakhir ini, pihaknya mengajukan permintaan penambahan penjualan tiket antara 200-300 orang dari jumlah tiket yang ditetapkan. Hal itu lantaran jumlah penumpang yang melonjak

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar