Pemkot Baubau Siapkan Rp 3 Miliar Bebaskan Lahan Jembatan TONA

KBRN, Baubau: Pemerintah Kota Baubau kembali mengalokasikan anggaran senilai Rp 3 miliar rupiah untuk pembebasan lahan rencana pembangunan jembatan Buton-Muna (TONA) 

Kepala Seksi Penyelesaian Sengketa Tanah Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Baubau, Sitti Ulfah mengungkapkan lahan warga yang akan dibebaskan tahun ini ditarget seluas 30 ribu  meter persegi. 

Lahan tersebut lanjut Ulfah, untuk keperluan pembangunan jalan pendekat menuju jembatan TONA. Ditahun sebelumnya, Pemkot Baubau sudah membebaskan lahan untuk akses jalan pendekat namun belum seluruhnya sehingga dilanjutkan tahun ini. 

"Jembatan TONA itu kurang lebih 30 ribu meter persegi yang rencana kami bebaskan ditahun 2022. Ya, untuk akses jalan dengan pagu Rp 3 miliar. Sebagai informasi, tahun lalu sudah dibebaskan dan Insya Allah tahun ini kita bebaskan lagi yang sebagian belum dibebaskan tahun lalu,"ungkap Sitti Ulfah ditulis Minggu(23/1/2022). 

Menurut Ulfah, tahun ini pembebasan lahan  rencana pembangunan jembatan TONA masih difokuskan untuk keperluan akses jalan pendekat. Sedangkan pembebasan lahan untuk rest area jembatan masih akan direncanakan ulang.  "Kalau rest area nanti direncanakan kembali,"ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan jembatan TONA rencananya membentang sepanjang 1,18 km dengan lebar 20 meter. Dari total panjang itu, akan ada bentang utama tanpa tiang sepanjang 762,5 meter, digadang-gadang menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan TONA akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Namun, Pemkot Baubau dan Pemkab Buton Tengah harus menyiapkan lahan masing-masing seluas 35 hektare untuk kebutuhan antara lain pembangunan  jalan pendekat, rest area, fasilitas umum, wisata laut, dan kantor pengelola.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar